Puluhan Ribu Warga Aceh Mengungsi akibat Banjir

Banjir Landa Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA - Banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Aceh membuat sekitar 27 ribu warga mengungsi karena rumahnya terendam air. Daerah terparah yakni Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dari data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), di Kabupaten Aceh Utara sekitar 18.000 warga mengungsi ke masjid dan lokasi titik aman di wilayah tersebut. Sementara itu, di Aceh Timur sebanyak 9.988 warga yang mengungsi.

Kepala BPBA Sunawardi mengatakan, ada 22 kecamatan di Aceh Utara yang terendam banjir dan 17 kecamatan di Aceh Timur. Banjir ini akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah itu sejak sepekan terakhir sehingga Sungai Keureuto, Pasee dan Sungai Peuto meluap.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Sementara mereka ada yang mengungsi ke masjid dan tempat aman lainnya," ujar Sunawardi saat dikonfirmasi, Senin, 7 Desember 2020.

Baca juga: Sedikitnya 5 Orang Tewas di Banjir Medan, Ada yang Masih Hilang

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Sunawardi menambahkan bahwa banjir tersebut juga menyebabkan empat jembatan mengalami rusak berat, masing-masing di Kecamatan Peudawa, Peureulak, Idi Tunong, dan Peureulak Barat Aceh Timur. Banjir juga merusak satu unit rumah di Kecamatan Julok.

“Banjir juga menyebabkan longsor dan jalan putus di dua titik di Kecamatan Idi Tunong,” kata Sunawardi.

Sementara itu, Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah mengatakan, empat perahu karet disiagakan di pusat Kota Lhoksukon, Aceh Utara. Ia meminta para pengguna jalan Banda Aceh- Medan agar berhati-hati karena ketinggian air saat ini pada badan jalan sudah mencapai 1-2 meter.

Amir juga meminta perangkat desa setempat dapat melapor terkait perkembangan dan meminta kepada tim BPBD yang bertugas terus memantau lokasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya