Gus Yaqut, dari Ketua Umum GP Ansor Kini Jadi Menteri Agama

Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA –  Presiden Jokowi mengumumkan perombakan kabinet atau reshuffle kali pertama di periode kedua pemerintahannya. Salah satu nama yang diumumkan masuk Kabinet Indonesia Maju adalah Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sebagai Menteri Agama

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Gus Yaqut sebelumnya adalah Anggota DPR dengan posisi Wakil Ketua Komisi II DPR. Ia saat ini juga menjabat Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, ormas sayap Nahdlatul Ulama.

Dengan pengumuman tersebut, Gus Yaqut menggantikan Fachrul Razi sebagai Menag. Nama kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu cukup mengejutkan masuk Kabinet Indonesia Maju.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Menilik dari rekam jejaknya, Gus Yaqut adalah tokoh asal Rembang, Jawa Tengah, yang pernah mengemban kuliah di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Gus Yaqut adalah putra dari salah seorang pendiri PKB, Muhammad Cholil Bisri. Ia dikenal sebagai tokoh Nahdliyin.

Stafsus Menag Beberkan Upaya Kemenag Dukung Program Prioritas Pemerintah

Saat di DPR RI, Gus Yaqut pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Rembang. Pun, kariernya loncat sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah (2012-2017).

Sesuai ucapan Presiden Jokowi, Gus Yaqut akan dilantik resmi sebagai Menteri Agama pada Rabu besok, 23 Desember 2020. Selain Gus Yaqut sejumlah tokoh lainnya akan dilantik sebagai bagian reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Beberapa tokoh itu antara lain Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Menteri Kesehatan diisi Budi Gunadi Sadikin.

Lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan dijabat Sakti Wahyu Trenggono. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dijabat Sandiaga Uno, dan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya