643 Bandar Narkoba Dipindah ke Lapas Pengamanan Super Ketat

Napi narkoba dipindah ke Lapas Nusakambangan (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sepanjang tahun 2020, sebanyak 643 narapidana bandar narkoba dari berbagai wilayah di Indonesia dipindahkan ke Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Para narapidana tersebut menempati lembaga pemasyarakatan (lapas) yang memiliki tingkat keamanan super maximum security dan maximum security. Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Reynhard Silitonga, Rabu, 30 Desember 2020.

“Ini bukti keseriusan kami dalam memberantas peredaran narkoba yang terjadi di dalam lapas maupun rumah tahanan negara (rutan). Kami memiliki lapas dengan tingkat keamanan tinggi, one man one cell, dan teknologi tinggi yang mumpuni untuk mendukung langkah kami memberantas narkoba,” kata Reynhard.

Simpan 5 Kg Sabu di Plafon Rumah, Bandar dari Kampung Bahari Ditangkap

Reynhard menuturkan, narapidana bandar narkoba yang dipindahkan berasal dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, dan Bali.

Pemindahan narapidana dari wilayah-wilayah tersebut, kata Reynhard, merupakan hasil deteksi dini yang dilakukan jajaran pemasyarakatan serta sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Isi Garasi Petinggi Polisi yang Diduga Terlibat Suap Bandar Narkoba

“Deteksi dini kami lakukan secara menyeluruh selain langkah preventif lainnya seperti pemeriksaan kunjungan hingga razia rutin. Sinergi kami lakukan seperti dengan Polri maupun BNN agar pemberantasan peredaran narkoba dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Tak hanya itu, Reynhard menegaskan bagi petugas yang terbukti terlibat peredaran narkoba dalam lapas/rutan akan menyusul menghuni lapas di Nusakambangan.

“Kami tidak main-main dalam pemberantasan narkoba. Tidak hanya narapidana bandar narkoba, tetapi juga petugas akan kami pindahkan ke Nusakambangan untuk menjalani masa pidana,” imbuhnya.

Berikut daftar asal wilayah narapidana bandar narkoba yang dipindahkan:

1. DKI Jakarta: 99

2. Banten: 46

3. Jawa Barat: 91

4. D.I. Yogyakarta: 48

5. Jawa Timur: 21

6. Aceh: 50

7. Sumatera Utara: 54

8. Riau: 47

9. Sumatera Selatan: 50

10. Lampung: 76

11. Kalimantan Barat: 43

12. Bali: 18

Baca juga: Sembunyikan Sabu di Mesin Cuci, Ibu Muda Diciduk Polisi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya