Heboh NIK Jokowi Tak Terdaftar Penerima Vaksin COVID-19

Ilustrasi Vaksin COVID-19.
Sumber :
  • dokumentasi kominfo

VIVA – Presiden Jokowi mengatakan dirinya siap menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau kesiapan vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 18 November 2020.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Diketahui, pada tahap pertama, orang yang mendapat vaksin adalah tenaga kesehatan. Setiap tenaga kesehatan bisa memantau langsung apakah sudah terdaftar dalam antrean vaksin dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui pedulilindungi.id/cek-nik.

Namun, ada yang bikin penasaran warganet. Ulah isengnya bikin viral di media sosial. Ini terkait dengan orang yang terdaftar sebagai penerima vaksin.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Akun Twitter @mathdroid melakukan tes dengan menggunakan NIK diduga milik Presiden Jokowi. KTP Jokowi sebelumnya pernah memamerkan foto KTP yang tertera NIK-nya. Namun, belum dipastikan apakah foto KTP Jokowi yang viral itu asli atau palsu.

Dikutip VIVA, Senin 4 Januari 2021, akun @mathdroid mencoba memadukan NIK Jokowi ke website pedulilindungi.id/cek-nik. Tak disangka, hasilnya mengejutkan. Ternyata Jokowi tidak masuk dalam daftar penerima vaksin gelombang pertama yang ditujukan untuk tenaga kesehatan.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Begini penjelasan pemilik akun:

Hi all, ga perlu kaget/takut/bingung:

1. Gw gatau itu KTP asli atau nggak, hasil Google “Jokowi NIK”

2. Ada/nggaknya data dari API ini bukan penentu “dapet vaksin apa nggak”, ini cuma shortlist penerima vaksin gratis tahap ini aja.

3. Gak ada data yang bobol, literally cuma cek apakah pemilik NIK tertentu ada dalam daftar atau nggak.

4. Bruteforce cek NIK gak feasible juga saat ini; kita gak tahu berapa persen penerima vaksin tahap ini. 0.1%? 0.001%?

Thanks for the attention, yang mau ngobrol lanjut bisa di channel #vax

Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tramidzi mengatakan, belum diketahui pasti kapan Jokowi akan divaksin.

"Terkait rencana ini dan sesuai pernyataan Bapak Presiden bahwa beliau akan menjadi penerima vaksin COVID-19 pertama, tentunya kami akan menindaklanjuti dan memastikan terkait hal ini dan langkah-langkah berikutnya mungkin akan kami sampaikan lain waktu,” ujarnya.

Baca jugaVideo Wakil Ketua FPI Aceh Adu Bacot dengan Dandim 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya