Vaksin COVID-19 Tiba di Jambi, Tenaga Kesehatan jadi Pertama

Kotak vaksin COVID-19 dari Biofarma
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Sebanyak 20 ribu vaksin COVID-19 produksi Sinovac China yang dibeli pemerintah, kini sudah tiba di Jambi. Distribusi vaksin sudah mulai dilakukan, sebelum proses vaksinasi.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Vaksin yang tiba di Jambi pada Senin 4 Januari 2021, langsung disimpan ke alat pendinginan gudang Balai Farmasi Jambi. Kepala Dinas Kesehatan Jambi, Raflizar mengatakan sangat bersyukur vaksin COVID-19 tiba di Jambi.

"Vaksin sudah kita terima yang berjumlah 20 ribu," ujarnya.

Komnas KIPI, Sebut Penyakit TTS akan Muncul 4 Sampai 42 Hari Setelah Vaksin AstraZeneca Disuntikkan

Baca juga: Varian Baru COVID-19, IDI: Bisa Masuk Indonesia

Raflizar menyebutkan, vaksin dibawa menggunakan mobil PT Bio Farma Bandung dan dimasukkan di dalam kodi yang jumlahnya mencapai 11 kodi. Selanjutnya disimpan ke dalam pendingin. Vaksin ini nantinya akan dipriotiaskan untuk para tenaga kesehatan.  

Bagaimana Kaitan Vaksin AstraZeneca yang Sebabkan TTS Pada Penerimanya?

"Vaksin akan kita bagikan kepada para tenaga kesehatan diantaranya dibagikan di 207 puskesmas dan 1 KKP di setiap kabupaten dan kota Provinsi Jambi," jelasnya.

Raflizar mengatakan, untuk data tenaga kesehatan yang masuk sudah 95,17 persen. Dimana data itu mencakup tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan lain sebanyak 27.391 orang. 

"Semoga adanya vaksin di Provinsi Jambi bisa mengatasi COVID-19 dan vaksin tahapan berikutnya akan datang juga untuk masyarakat dan kepada masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," terangnya. 

Terpisah, Karo Ops Polda Jambi, Kombes Polisi Imam S yang ikut langsung mengawal perjalanan vaksin dibawa sampai ke Jambi mengatakan, selama perjalannya vaksin tersebut aman dan terkendali. 

"Kita melakukan pengawalan ketat vaksin dari perbatasan Sumsel dan Jambi dan semua aman terkendali dan semoga adanya vaksin bisa mengatasi COVID-19 di Jambi," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya