Mahfud MD Jawab Spekulasi Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, angkat suara mengenai isu pergantian Kapolri. Seperti diketahui, nama calon Kapolri yang baru juga mulai beredar di berbagai media.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Menurut Mahfud, belum ada kepastian siapa yang akan ditunjuk sebagai pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. Nama yang beredar, kata Mahfud, masih merupakan spekulasi.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi," kata Mahfud lewat akun @mohmahfudmd di Twitter, Selasa, 12 Januari 2020.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Mantan Menteri Pertahanan itu juga memastikan belum ada nama yang dikirim oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR. Seperti diketahui, DPR berwenang melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri.

"Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," ujarnya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baca juga: MUI: Vaksin Sinovac Halal, Tidak Mengandung Babi dan Turunannya

Menurut Mahfud, sampai saat ini Presiden masih mempertimbangkan siapa yang pantas menduduki posisi Kapolri.

"Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," kata mantan hakim Mahkamah Konstitusi ini.

Sebelumnya, beredar kabar nama jenderal bintang tiga, Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi kandidat calon Kapolri. Dia digadang-gadang mempunyai kemungkinan kuat diajukan Presiden Jokowi ke DPR.

Meski begitu, hingga hari ini DPR belum menerima surat dari Presiden terkait fit and proper test calon Kapolri baru, untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya