Nama Komjen Listyo Disebut Dikirim Jokowi, DPR: Belum Ada

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadath

VIVA – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, hingga hari ini lembaganya belum menerima surat presiden terkait calon Kapolri, pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada akhir bukan ini.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

“Sampai hari ini surpres soal Kapolri belum sampai ke DPR. Dan kita tunggu saja, begitu datang ya kita proses sesuai mekanisme yang ada,” kata Dasco di gedung DPR, Jakarta, Selasa 12 Januari 2021.

Ia mengakui ada lima nama jenderal bintang tiga yang disebut-sebut sebagai calon kuat Kapolri, Seperti yang disampaikan Kompolnas. Di antaranya nama Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

“Di media sosial memang beredar nama-nama yang diusulkan. Tapi untuk pastinya kita sama-sama aja tunggu surat dari Presiden supaya pasti karena kalau kita berandai-andai cuma Presiden Jokowi yang tahu,” kata dia.

Terkait siapakah sosok calon Kapolri yang ideal untuk dipilih oleh Presiden Jokowi, Dasco enggan berkomentar. Menurutnya ada banyak pertimbangan untuk memastikan hal itu.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

“Kami tidak bisa sampaikan sosok Kapolri yang ideal karena penilaian ada di banyak unsur. Kompolnas sudah mengajukan beberapa nama dan Presiden tentunya punya pertimbangan sendiri dan kami di DPR akan memproses nama yang diserahkan, siapa pun itu,” ujarnya.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, tak perlu ada upaya upaya untuk mendorong-dorong Presiden Jokowi agar segera memilih satu nama calon Kapolri dan langsung menyerahkan nama tersebut ke DPR untuk dilakukan fit and proper test.

“Kita enggak usah mendesak-desak Presiden karena tentunya Presiden tahu mana urgensi dan batas waktu kapan suratnya harus dikirim ke DPR,” kata Dasco.

Baca juga: Mahfud MD Jawab Spekulasi Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya