Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Warga Diminta Waspada Bahaya Lahar

Gunung Sinabung Erupsi
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas erupsi, Rabu 20 Januari 2021. Namun, tinggi kolom abu tidak teramati.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Hal itu, diungkapkan oleh petugas pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Rabu siang, 20 Januari 2021. Ia menjelaskan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 21 detik.

"Erupsi terjadi pukul 05:25 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati," ungkap Armen.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Dalam pekan ini, sudah dua kali terjadi erupsi. Sebelumnya, pada Selasa 18 Januari 2021. Dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 500 meter dari puncak Gunung Sinabung.

Baca juga: Banyak K/L Gunakan Sukuk untuk Proyek, Ini Pesan Sri Mulyani

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Armen mengungkapkan, saat ini, Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga. Kepada masyarakat, ia mengimbau kepada wisatawan yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tutur Armen.

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah guna mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," jelas Armen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya