Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

Suasana saat perayaan HUT Satpam di Silang Monas beberapa waktu lalu (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Rencana calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit yang akan menghidupkan kembali pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa mendapatkan penolakan berbagai sejumlah pihak. Salah satu penyebabnya adalah karena satuan Pam Swakarsa ini mengingatkan rakyat dengan satuan Pam Swakarsa pada era Presiden Soeharto yang melakukan berbagai bentuk intimidasi dan pelanggaran HAM terhadap warga.

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi III-DPR, Ahmad Sahroni, angkat bicara. Menurut Sahroni, Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Listyo Sigit sangat jauh berbeda dengan Pam Swakarsa yang dibentuk di era Soeharto.

"Ini Pam Swakarsanya jauh beda ya. Jelas kok dalam aturan kapolri bahwa Pam Swakarsa yang dimaksud adalah siskamling, satpam, hingga pecalang di Bali dan mahasiswa serta siswa bhayangkara. Jadi jelas-jelas jauh beda dengan Pam Swakarsa di era Pak Harto," kata Sahroni dikutip Selasa 26 Januari 2021.

Tengok Cara Kapolri Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

Sahroni juga menjelaskan, Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Sigit memang merupakan satuan keamanan masyarakat yang telah ada sejak dahulu. Karenanya, dengan adanya Pam Swakarsa, mereka bisa menjalani tugas secara lebih maksimal.

"Jadi memang Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Sigit sudah ada sejak dulu. Justru dengan dimunculkannya kembali oleh kapolri yang baru, maka mereka bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas, karena mereka akan memiliki tugas dan fungsi yang jelas, hingga kinerjanya akan lebih maksimal," ujarnya.

Kapolri Perintahkan Jajaran Bayar dan Laporkan Pajak

Politikus Partai NasDem itu menyinggung terkait polemik di masyarakat yang muncul terkait Pam Swakarsa ini. Sahroni mengusulkan pada pihak kepolisian untuk mengganti narasi nama yang digunakan.

"Mungkin bisa diganti saja narasi dan namanya, jangan Pam Swakarsa, biar rakyat nggak bingung," ujar Sahroni.

Sebelumnya, pada proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bersama DPR RI pekan lalu, calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjelaskan visinya yang akan menghidupkan Pam Swakarsa. Menurut Sigit, dengan adanya Pam Swakarsa kinerja Polri akan lebih maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya