Menkes Budi Libatkan Puluhan Ribu TNI-Polri Tracing COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan akan bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas dari TNI-Polri untuk melakukan tracing kepada penduduk yang berkontak erat dengan pasien positif COVID-19. Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang dilibatkan untuk tracing diperkirakan berjumlah puluhan ribu

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Menurut Budi, saat ini jumlah tracer yang ada di Indonesia masih berada di bawah standar ketentuan WHO. Berdasarkan ketentuan WHO, seharusnya ada 30 tracer per 100 ribu penduduk.

Sedangkan saat ini, tracer yang dimiliki Indonesia ada sekitar lima ribu. Indonesia masih membutuhkan sekitar 80 ribu tracer untuk melakukan tracing terhadap 269 juta penduduk.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

"Oleh karena itu terima kasih tadi ada masukan salah satu dari bapak anggota Dewan, kita kontak dengan Babinsa dan Babinkamtibmas karena masing-masing mereka punya sekitar 60 ribu sampai 80 ribu anggota hampir di seluruh desa," kata Budi dalam rapat kerja di Komisi IX DPR, Selasa 9 Februari 2021

Budi juga mengatakan, dirinya sudah melakukan rapat dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tadi pagi. Dari hasil rapat tersebut diketahui mulai besok seluruh Babinsa bakal berlatih mengenai penanganan tracing terhadap masyarakat yang berkontak dengan pasien positif COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Mereka diajari bagaimana melakukan tracing, begitu ada kontak erat kita kasih target mereka bisa enggak 15-30 orang dalam 2 minggu sebelumnya diindentifikasi dalam 72 jam di-trace," kata Budi.

Budi menambahkan, "Begitu sudah dapat, orang-orang ini harus segera dites, tesnya harus dengan tes antigen supaya cepat, itu akan kita distribusikan ke puskesmas," ujar Budi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkes Budi Gunawan Sadikin akan ikut pindah ke IKN pada Juli mendatang.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024