Polda Kalbar Masih Tahan 3 Terduga Teroris yang Ditangkap Densus

Kabid Hubungan Masyarakat Polda Daerah Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go.
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

VIVA – Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri bersama Polda Kalbar secara serentak pertengahan Februari 2021 melakukan penangkapan terhadap tiga orang terduga teroris berinisial RE, M dan MR di wilayah Kota Pontianak, Singkawang dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Daerah Kalbar, Kombes Pol Donny Charles Go, mengatakan, tiga orang terduga teroris berinisial RE, M dan MR yang telah diamankan pertengahan Februari 2021 saat ini masih dilakukan penahanan di Mapolda Kalbar untuk proses hukum lebih lanjut.

"Tiga orang terduga teroris ini masih kita tahan untuk proses hukum lebih lanjut. Dan satu orang saksi yang merupakan satu dari istri terduga teroris sudah kami pulangkan ke Sekadau,"ujar Donny kepada VIVA pada Kamis, 4 Maret 2021.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Donny mengatakan, saat penggerebekan dan penggeledahan di rumah ketiga terduga teroris kemarin, Densus mengamankan barang bukti berupa alat elektronik dan barang untuk latihan secara pribadi untuk meningkatkan teror. 

"Tiga orang terduga teroris ini secara pribadi latihan meningkatkan teror. Dan aktivitasnya dipantau oleh Densus. Karena khawatir membahayakan maka dilakukan penindakan. Dan mereka diduga terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD)," ujarnya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Lebih lanjut, kata Donny, sesuai UU Teroris yang baru Nomor 5 Tahun 2018 bahwa orang yang sudah tergabung dalam korporasi atau terafiliasi dalam kelompok terduga teroris sudah bisa diproses. 

"Apalagi kalau sudah terbukti pernah melakukan aksi-aksi sejak dini, itu merupakan alasan kuat untuk memprosesnya," tegas Donny.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Kebrutalan KKB kembali terjadi yang kali ini menyasar Polsek Homeyo di Intan Jaya Papua.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024