Terduga Teroris di Sumut Berprofesi Sebagai Pedagang Keripik

Ilustrasi penangkapan teroris oleh Densus 88 Polri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Terduga teroris, Suhartono alias Jarwok ditangkap, usai salat subuh di masjid di Perumahan Graha Deli Permai Blok A17 nomor 15, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorabe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat subuh, 19 Maret 2021, sekitar pukul 05.45 WIB.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Ketua RW I Dusun III, Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Iwan mengatakan bahwa Suharto merupakan pedagang aneka keripik dan berjualan di Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

"Sedangkan, istrinya seorang guru. Tapi, saya tidak tahu persis guru dimana mengajar. Karena, sudah 7 bulan menyewa rumah itu. Dia (Suharto) tidak pernah melapor kepada saya sebagai Ketua RW disini," sebut Iwan saat dijumpai VIVA di rumahnya, Jumat petang, 19 Maret 2021.

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut, Ada Nama Menantu Jokowi

Iw?an mengaku terkejut bahwa ada warganya diamankan polisi diduga terlibat jaringan teroris. Karena, penangkapan dilakukan petugas Densus 88 Antiteror sekitar 100 meter dari rumah Suharto.

"Saya juga baru siap (usai) salat subuh berjamaah sama dia (Suharto). Kemudian, ada dua petugas kepolisian berpakaian seragam meminta saya untuk datang rumah dia," jelas Iwan.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Iwan menjelaskan bahwa ?petugas kepolisian sudah melakukan pengawasan pergerakan Suharto beberapa belakangan ini disekitar rumah. Antara terduga teroris dengan petugas Densus 88 sama-sama melaksanakan salat berjamaah di masjid di Perumahan Graha Deli Permai.

"Yang menangkap (petugas Densus 88) sama-sama kami salat subuh. ?Dia (Suhartono) diamankan setelah pulang dari masjid sekitar 100 meter sebelum rumahnya," kata Iwan.

Sedangkan, 7 terduga teroris diamankan terdiri dua orang di Kota Tanjung Balai dan 6 orang ditangkap di sejumlah tempat di Kota Medan dan sekitarnya. Seluruh dibawa ke Mako Polda Sumut untuk menjalani pemeriksaan.

Baca juga: Sudah 8 Terduga Teroris yang Ditangkap di Sumatera Utara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya