Menteri dan Petinggi Partai Ramai-ramai Temui Gibran, Ada Apa?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar temui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Sebulan terakhir setelah Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Wali Kota Solo, putra sulung Presiden Jokowi itu ramai didatangi para tokoh nasional seperti para menteri hingga politisi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menteri yang pertama kali hadir setelah Gibran dilantik menjadi wali kota, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia melakukan kunjungan kerja di Solo dua hari setelah pelantikan Wali Kota Solo pada Minggu, 28 Februari 2021.

Saat itu, Budi Karya meninjau progres revitaliasi Terminal Tipe A Tirtonadi serta mengecek lokasi pembangunan proyek rel layang di Joglo, Solo.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Setelah Menhub Budi, giliran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menemui Gibran di ruang kerjanya di Balai Kota Solo. Mereka membahas terkait pembangunan masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan Solo.

Sehari berikutnya, Yaqut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga bertemu Gibran saat prosesi peletakan batu pertama pembangunan masjid hadiah Pangeran Abu Dhabi itu pada Sabtu, 6 Maret 2021. Masjid itu dibangun di eks lahan depo Pertamina di Gilingan, Banjarsari, Solo.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Setelah itu, gantian Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang melakukan kunjungan kerja di Kota Solo. Ia didampingi Gibran saat mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Solo untuk meresmikan talent corner, pada Rabu, 10 Maret 2021.

Kini giliran Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang mengunjungi Solo. Ia datang untuk membuka perhelatan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 21 Maret 2021. Zainundin Amali terlihat didampingi Gibran dan Ketua Umum PSSI Ahmad Heryawan saat membuka laga pramusim itu.

Lantas, selang empat hari berikutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga itu kembali mendatangi ke Solo. Kedatangannya untuk menyambut Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang ingin melihat langsung gelaran laga Grup A Piala Menpora di Stadion Manahan Solo. 

Gibran juga turut serta mendampingi para pejabat negara itu sidak di Stadion Manahan Solo.

Bahkan, sebelum mengunjungi Stadion Manahan, Kapolri juga sempat meninjau kegiatan vaksinasi massal yang diikuti sejumlah tokoh agama dan tenaga pengajar di Pendhapi Gede Balai Kota Solo. Gibran tampak mendampingi Kapolri untuk melihat dari dekat kegiatan vaksinasi.

Bahkan, Kapolri juga menyempatkan mampir di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung. Seperti diketahui Kapolri dulunya sempat menjabat sebagai Kapolresta Solo saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Terakhir, Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono yang mendatangi Kota Solo pada Sabtu 27 Maret 2021 lalu. Dalam kesempatan itu, Menteri Basoeki didampingi Gibran mengunjungi Taman Balekambang, kawasan Ngarsopuro dan Pasar Legi Solo.

Tak hanya itu, Gibran juga kedatangan para petinggi partai, di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah serta Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Para elite politisi itu menemui Gibran di rumah dinas Loji Gandrung.

Lantas saat disinggung terkait kunjungan sejumlah tokoh nasional di Solo, Gibran pun menyambutnya dengan baik. Bahkan, kedatangan menteri tersebut efek ekonomi di Solo. "Pasti okupansi hotel-hotel di Solo otomatis ramai," kata dia, Rabu, 31 Maret 2021.

Selain itu, putra sulung Jokowi itu mengungkapkan dampak paling penting dari kunjungan para menteri ke Solo itu bagus untuk kemajuan kota yang dipimpinnya itu."Proyek-proyeknya bisa dipercepat untuk kemajuan Kota Solo. Yang penting itu," ujar Gibran.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya