Jokowi Instruksikan Penanganan Banjir Bandang NTT Dilaksakanan Cepat

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Repro video.

VIVA –  Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran di bawahnya untuk merespons cepat dalam penanganan banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Jokowi sudah mendapat laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, terkait peristiwa yang terjadi Minggu kemarin.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Jokowi menyampaikan atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, Kepala Negara menyampaikan turut berduka cita.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut. Dan, saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini," kata Jokowi dalam keterangannya, Senin 5 April 2021.

UKT Naik Dinilai Ancam Generasi Emas Indonesia, Jokowi Diminta Turun Tangan

Dia juga telah memerintahkan Doni Monaddo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segara memantau kondisi secepat mungkin di lapangan. Ia menginstruksikan agar para pejabat tersebut segera memantau  kondisi di sana, sekaligus melakukan evakuasi dan penanganan bagi para korban.

"Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik. Seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi. Serta juga perbaikan infrastruktur," lanjut Jokowi.

Sri Mulyani Menghadap Jokowi Bahas Kasus Viral Bea Cukai

Pun, terhadap masyarakat yang ada di dua provinsi tersebut, Jokowi mengimbau agar mengikuti informasi yang disampaikan petugas atau lembaga-lembaga resmi seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sebab, cuaca eskterm belakangan ini, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.

"Perhatikan selalu, peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya