Anak Buah Irjen Marthinus Tangkap Terduga Teroris di Jagakarsa

Ilustrasi operasi penangkapan tim Densus 88.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Sebuah rumah yang diduga di tempati oleh seorang terduga teroris di gerebek Densus 88 Antiteror Polri pimpinan Irjen Marthinus yang berada di kawasan Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kapolsek Jagakarsa, Kompol Eko Mulyadi membenarkan atas adanya peristiwa tersebut. "Iya (penggerebekan terduga teroris) dari Densus," ujar Eko pada wartawan, Rabu 7 April 2021

Eko menyebut peristiwa penggerebekan tersebut terjadi pada Selasa, 6 April 2021 sekitar pukul 14.00 wib. Pihaknya pun juga berada di lokasi saat peristiwa penggerebekan tersebut.

"Polsek nggak terlibat, hanya back up saja," ungkap Eko.

Saat ini untuk identitas terduga teroris yang diamankan dalam penggerebakan tersebut belum diketahui. Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengklaim jumlah terduga teroris yang ditangkap pasca dua aksi teror beberapa waktu belakangan makin banyak.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Listyo mengatakan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri telah mencokok sekitar 60 orang. Ia menyebut, Densus bekerja ekstra mendeteksi bibit teroris yang bisa menimbulkan ancaman. Terutama yang bisa mengancam jalannya ibadah paskah umat nasrani.

"Sampai saat ini total kurang lebih dari rangkaian Jakarta, Makassar, Jatim, Jogja ada kurang lebih 55-60 orang sudah kita amankan," ucap dia saat meninjau Gereja Katedral Jakarta, Sabtu malam, 3 April 2021.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Penangkapan terbanyak dilakukan di Makassar yaitu berjumlah 30 orang. Lalu, sisanya ditangkap di Jawa Timur, Yogjakarta, dan beberapa tempat lainnya. Untuk aksi penyerangan Mabes Polri, hanya terdeteksi dilakukan oleh satu orang.

"Ada beberapa kelompok yang memang kita amankan yang memang sudah kita pantau. Ini adalah kelompok-kelompok dari jemaah tertentu yang tentunya harus kita awasi dan lakukan langkah-langkah penindakan," kata Listyo.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Dirinya menambahkan, Korps Bhayangkara akan terus melakukan upaya preventif dalam mencegah aksi teror. Selain agar rangkaian ibadah paskah umat nasrani bisa berjalan aman dan kondusif, tentunya juga menjaga keamanan masyarakat.

Baca juga: Jenderal Idham, Eks Kapolri yang 2 Kali Tak Lolos Masuk Akpol 

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024