Sepekan Pascagempa Malang, Bantuan Berdatangan untuk Korban

Kajati Jatim M Dofir menyerahkan bantuan ke korban gempa di Kabupaten Malang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Warga terdampak gempa magnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak. Ada yang dari sejumlah instansi pemerintah, ada pula dari aksi-aksi peduli sosial yang dilakukan oleh elemen masyarakat.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Salah satunya yang turut dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Korps adhyaksa yang berkantor di Jalan A Yani Surabaya itu mengirimkan bantuan ke warga terdampak gempa di Kabupaten Malang, Lumajang, dan Kabupaten Blitar pada Kamis, 15 April 2021. Bantuan didistribusikan langsung oleh Kepala Kejati Jatim Mochammad Dofir. 

Bantuan dikirim ke Kecamatan Pronojiwo di Kabupaten Lumajang, Ampelgading di Kabupaten Malang, dan Kecamatan Kanigoro di Kabupaten Blitar. Tiga kecamatan itu terdampak paling parah di kabupaten masing-masing. "Dengan adanya bantuan ini, semoga dapat meringankan beban saudara kita di Malang dan sekitarnya," kata Dofir. 

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Selain dari Kejati, bantuan tersebut dikumpulkan dari Kejaksaan Negeri se Jatim. Bantuan yang terkumpul berupa beras sebanyak sepuluh ton, gula 576 kilogram, minyak goreng 576 liter, dan mie instan 280 kardus. "Bantuan kami berangkatkan menggunakan empat truk menuju tiga lokasi yaitu di Lumajang, Malang, dan Blitar," ujar Dofir.

Mantan Kepala Kejati Surabaya itu berharap, dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat dan tepat sasaran bagi korban terdampak gempa. Terutama di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, bantuan diharapkan menjadi berkah bagi para korban sehingga para korban kembali semangat dalam menjalani aktivitas seperti sedia kala.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Semoga masyarakat yang menjadi korban gempa dapat menjalankan aktivitas seperti sedia kala. Dan juga semoga Allah subhanahu wa ta'ala senantiasa meridhai apa yang kita lakukan, serta memberikan perindungan dan ridla-Nya bagi kita semua," kata Dofir.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,1 melanda sejumlah wilayah di Jatim. Pusat gempa di Kabupaten Malang bagian selatan. Getarannya dirasakan setidaknya di 18 kabupaten/kota di Jatim. Namun, dampak gempa yang paling dirasakan di Kabupaten Malang, Lumajang, dan Blitar. 
 

AS mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza via udara

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Komando Pusat Amerika Serikat (US CENTCOM), melakukan penerjunan bantuan kemanusiaan gabungan ke Gaza Utara, pada Kamis, 25 April 2024 pukul 12:15 waktu Gaza.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024