Menteri Nadiem Umumkan Beasiswa LPDP Kini Juga untuk S1 dan Non Gelar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyampaikan kabar baik. Kementerian yang dipimpinnya bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memperluas lingkup penerima beasiswa. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Nantinya, beasiswa LPDP tidak hanya bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke pascasarjana, tapi juga untuk jenjang Strata 1 atau hingga non gelar.

"Kami memperluas inklusifitas beasiswa LPDP. Tidak hanya untuk S2 dan S3, tapi juga Sarjana dan non gelar," kata Nadiem dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 10 dengan tema Perluasan Program Beasiswa LPDP secara virtual, Kamis 22 April 2021.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Baca juga: Lippo Karawaci Yakin Permintaan Rumah Naik Pesat 10 Tahun ke Depan

Sekadar diketahui, Merdeka Belajar adalah kebijakan yang diambil Nadiem untuk mengambil keputusan penting di dunia pendidikan. Untuk LPDP, disebutkan juga mulai tahun ini memiliki beberapa program baru. 

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Yakni Kampus Merdeka, program dosen dan tenaga pendidik, program guru dan tenaga pendidik vokasi, prestasi dan beasiswa kebudayaan. Program Kampus Merdeka sendiri terbagi empat yakni kampus mengajar, magang, studi independen bersertifikat hingga pertukaran mahasiswa merdeka dan mobilitas internasional.

Nadiem ingin, lewat program teranyarnya ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mengarahkan penerima LPDP lebih menyebar ke banyak daerah. Agar semuanya masyarakat usia didil di Indonesia punya kesempatan yang sama. 

"Untuk pertama kalinya kami menyediakan program khusus kebudayaan. Kami membantu mahasiswa mengejar keilmuan mereka di bidang kebudayaan," kata mantan Bos Gojek itu.

"Jadi benar - benar esensi pada hari ini adalah kemerdekaan dana LPDP untuk menjadi lebih inklusif, untuk juga mendukung bukan hanya murid-murid. Tapi juga dosen, pengajar dan tenaga pendidik. Dan juga fokus bukan hanya kepada program masa lalu (pascasarjana)," kata dia.

Di kesempatan ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi insiatif Nadiem yang ingin memperluas program LPDP. Kementerian keuangan kini mengelola dana abadi salah satunya untuk LPDP yang secara khusus memberikan program beasiswa bidang pendidikan. 

"Sekarang di dalam episode Merdeka Belajar ke-10, saya lihat Kemendikbud akan memulai meng-ekspansi dengan kegiatan-kegiatan yang mencakup kualitas dosen, guru, terutama guru SMK," tutur Sri Mulyani.

"Kami terus mendukung dari sisi fokus yang memang dibutuhkan oleh anak-anak didik kita untuk meningkatkan SDM. Dan, juga fokus untuk menjaga tata kelola, dan fokus untuk menjamin atau meyakinkan bahwa belanja-belanja ini memberikan dampak yang terbaik," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya