Polri Turunkan ROV hingga Drone Laut Cari Bantu Cari KRI Nanggala

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Markas Besar Polri telah menurunkan beberapa peralatan dan kapal guna mendukung upaya pencarian sebuah kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali.

Andi Gani Buka Suara soal Ditunjuk Jadi Staf Ahli Kapolri 

"Seluruh kegiatan memberikan yang terbaik yang bisa kami lakukan. Kami telah menurunkan 4 kapal guna mensupport pencarian kegiatan kemanusiaan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Bali, Sabtu, 26 April 2021.

Dalam upaya pencarian KRI Nanggala, Kapolri menyampaikan akan terus mendampingi. Ia pun menyampaikan keprihatinan insiden hilangnya KRI Nanggala.

Andi Gani Jadi Staf Ahli Kapolri Bidang Ketenagakerjaan

"Kami keluarga besar Polri mengucapkan keprihatinan yang sangat mendalam terkait insiden ini," katanya.

Baca juga: KRI Nanggala Tenggelam, Panglima TNI Tegaskan Pencarian Jalan Terus

Kata Kapolri soal Kasus Brigadir Ridhal Ali yang Tewas Bunuh Diri

Mantan Kabareskrim ini pun menurunkan 4 kapal milik Polairud yang diturunkan yakni KP Gelatik-5016, KP Enggang-4016, KP Barata-8004 dan KP Balam-4017. Keempat kapal itu dilengkapi dengan robot pencarian yakni remotely operated vehicle (ROV) atau drone bawah laut. 

"Dalam kesempatan ini kami selalu berusaha untuk terus melakukan apa yang bisa kami lakukan, dengan segala upaya yang ada," ucapnya.

Tak hanya menurunkan kapal, drone dan peralatan pendukung pencarian KRI Nanggala, Sigit menuturkan, pihaknya juga siap menyiapkan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) jika nantinya diperlukan.

Seperti diketahui, kapal selam Nanggala 402 pembawa 53 awak kapal sejak hilang kontak hingga kini belum juga ditemukan. Sejumlah instansi termasuk beberapa negara turut membantu proses pencarian namun belum membuahkan hasil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya