Erupsi, Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter

Erupsi Gunung Sinabung.
Sumber :
  • PVMBG via Putra Nasution.

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Gunung api ini, kembali erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dari atas puncak, Rabu dini hari, 28 April 2021, sekitar pukul 00.50 WIB.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

"Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak dari ketinggian 3.960 meter di atas permukaan laut," ungkap ?Petugas pos pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra saat dikonfirmasi VIVA, Rabu pagi, 28 April 2021.

Armen menjelaskan, ?kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong angin ke arah selatan."Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 14 mm dan durasi kurang lebih 3 menit 20 detik," tuturnya.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Sementara itu, Gunung Sinabung tersebut masih berada pada status level III atau siaga. Armen mengimbau kepada masyarakat, yang sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," jelas Armen. 

Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Abu Setinggi 1,5 Km

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," sebut Armen.?

Ilustrasi perundungan.

Pelajar SD di Simalungun Jadi Tersangka Kasus Perundungan, Ini Penjelasan Polisi

Sebuah video di media sosial menunjukkan aksi perundungan atau bully dialami seorang pelajar Sekolah Dasar (SD), dilakukan oleh teman korban. Peristiwa itu terjadi di seb

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024