Larangan Mudik, Jasa Marga Bentuk Tim Satgas Pengendalian Transportasi

Ruas tol Jasa Marga
Sumber :
  • Jasa Marga

VIVA – PT Jasa Marga Tbk membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 H, guna mendukung upaya pengendalian transportasi di momentum Lebaran 2021.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan, nantinya Tim Satgas Jasa Marga Siaga ini akan melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19, sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur yang berlaku pada lokasi gerbang tol, jalur, check point, dan rest area.

"Dengan memastikan penerapan physical distancing serta membatasi kapasitas rest area maksimal 50 persen dari kapasitas normal," kata Subakti dalam keterangan tertulisnya, Kamis 29 April 2021.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Subakti menyampaikan, tahun ini merupakan kali kedua masyarakat harus menjalani Ramadhan dan Lebaran dalam situasi pandemi COVID-19, yang hingga kini masih belum berakhir. Diakuinya, kondisi ini telah mengubah pola perjalanan, mobilitas, dan aktivitas masyarakat, sehingga volume lalu lintas di jalan tol sampai saat ini belum kembali normal seperti sebelum pandemi terjadi. 

"Pada periode mudik lebaran, biasanya lalu lintas akan meningkat signifikan. Namun di Lebaran tahun ini, volume lalu lintas diprediksi lebih rendah dari kondisi normal, karena pemerintah telah menetapkan kebijakan peniadaan mudik," ujar Subakti.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Oleh karena itu, meskipun volume lalu lintas tidak setinggi biasanya, Jasa Marga tetap akan siaga dan memberikan kinerja terbaik dalam Pelayanan Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442H. Karena menurutnya, hal ini juga merupakan operasi kemanusiaan dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan COVID-19.

Subakti memastikan bahwa Tim Satgas dan seluruh tim operasional yang bertugas juga telah mendapatkan vaksinasi COVID-19, dan selalu memperhatikan Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan COVID-19. "Salah satunya yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," kata Subakti.

Subakti juga menjelaskan berbagai inovasi yang dilakukan oleh Jasa Marga, dalam rangka meningkatkan pelayanan di periode Hari Raya Idul Fitri 1442H. Salah satunya yaitu pengendalian operasional secara lebih efektif dan terintegrasi, melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam rangka optimalisasi kinerja dan pelayanan.

Selain itu, hal lain yang sangat menarik yaitu yang pertama, Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna, guna memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual.

"Dan yang kedua, Jasa Marga bersama Basarnas juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara, sebagai salah satu upaya antisipasi, dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas, serta peningkatan kemampuan petugas penyelamat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya