Mahfud MD Kenang Sosok Anregurutta Sanusi Baco

Mahfud MD saat jadi khotib salat Jumat di masjid di Makassar
Sumber :
  • VIVA / Irfan (Makassar)

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, turut berduka atas meninggalnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Anregurutta KH Sanusi Baco pada Sabtu malam 15 Mei 2021. Mahfud kembali mengenang saat-saat dirinya bertemu dengan KH Sanusi Baco saat berkunjung ke Makassar saat AGH Sanusi Baco masih hidup.

Wapres Ma’ruf Amin Bukan Sekadar ‘Ban Serep’ Presiden Jokowi

Mahfud sempat berbincang dengan AGH Sanusi Baco terkait pengelolaan masjid raya Makassar. Sebab dalam masjid tersebut tidak ditemui kotak amal atau pun sarana lain untuk menampung sumbangan masyarakat.

"Setelah ikut salat di Masjid Raya Makassar saya mampir ke rumah AGH Sanusi Baco yang adalah imam besar Masjid Raya tersebut. Kepada beliau saya bertanya, mengapa di masjid tersebut tidak ada kotak amal bagi jemaah untuk memasukkan uang. Mengapa pula tidak ada pengurus takmir yang mau terima titipan uang untuk masjid?" Tulis Mahfud dalam akun twitternya @mohmahfudmd, Minggu 16 Mei 2021.

Baca juga: Kasus Antigen Bekas, Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika Dipecat

Dari pertanyaan itu, Mahfud mendapat jawaban yang menarik dari Almarhum AGH Sanusi Baco. Pengelolaan masjid raya tersebut ternyata sudah ditanggung sepenuhnya oleh Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

"Kiai Sanusi bilang, Pak JK meminta masjid tersebut tak usah menarik uang sumbangan dari jemaah untuk pengelolaan masjid. Semua kebutuhan untuk pengelolaan masjid yang bagus tersebut ditanggung oleh Pak JK. Untuk pengelolaan zakat dan sedekah bisa, tapi untuk perawatan masjid ditanggung oleh Pak JK," tulis Mahfud mengenang jawaban AGH Sanusi Baco saat itu.

Masjid raya yang dipimpin oleh AGH Sanusi Baco tersebut hanya menerima zakat dan sedekah untuk disalurkan lagi ke para Mustahiq. Sedangkan untuk pemeliharaan masjid, tidak menggunakan uang sumbangan masyarakat.

"Saya mau titip sumbangan untuk masjid pun AGH Sanusi Baco tidak mau terima. Katanya, sudah ditanggung Pak JK. Almarhum menyarankan saya menyalurkan sumbangan untuk pemeliharaan ke masjid-masjid lain yang juga masih banyak. Itu di tahun 2016. Sekarang beliau wafat dan Pak JK datang khusus untuk melayat," ujarnya.

Mahfud pun mengungkapkan sosok Anregurutta Sanusi Baco yang selalu bersemangat dan humoris. Dia mengaku biasa mampir ke kediaman Almarhum saat berkunjung ke Makassar.

"Terkenang, kalau ke Makassar biasanya saya mampir ke kediaman AGH Sanusi dan berdiskusi tentang masalah-masalah keummatan. Beliau selalu bersemangat dan banyak humor. Sedih juga, saat kunjungan ke Makassar pertengahan Ramadhan kemarin saya tidak mampir ke rumah beliau karena suasana pandemi COVID-19," ujar Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Anregurutta KH Sanusi Baco, Lc., meninggal dunia, sekitar pukul 20.00 WITA di Rumah Sakit Primaya, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sabtu, 15 Mei 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya