Khofifah Unggah Foto Salat Jumat, Netizen: Cie, yang Habis Ultah

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tengah jadi sorotan. Musababnya ialah pesta ulang tahun dirinya yang ke-56 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu malam, 19 Mei 2021, menimbulkan kerumunan. Video pesta ultah itu sejak Kamis kemarin viral di media sosial.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Komentar nyinyir terhadap Khofifah dari netizen pun berseliweran di jagad maya. Hingga apapun yang diunggah Khofifah di akun Instagramnya, @khofifah.ip, direspons netizen dengan komentar terkait pesta ulang tahun yang heboh itu.

Seperti unggahan Khofifah di Instagramnya pada Jumat siang, 21 Mei 2021. Di situ, Gubernur Jatim perempuan pertama itu mengunggah foto seorang pria yang tengah duduk di sebuah trotoar kecil yang di sisinya terdapat tanaman hias dan pagar. Pria berbaju cokelat itu duduk beralaskan sajadah.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Sepertinya, itu pria itu bagian dari jemaah Salat Jumat. Namun tak dijelaskan di mana lokasi foto yang diunggah Khofifah itu. “Mungkin ini yang dinamakan sambil menyelam minum air, sambil Jumatan sekalian relaxasi. Jumat berkah,” tulis Khofifah.

Tak sampai satu jam, netizen langsung menyerbu akun Khofifah. Hingga berita ini selesai ditulis, lebih dari enam ribu akun menyukai unggahan tersebut. Sebanyak 210 akun berkomentar. Bukan soal foto dan Salat Jumat, namun kebanyakan akun berkomentar nyinyir terkait video viral pesta ultah Khofifah.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

“Cieee yang habis ultah. Saya jadi PNS lho, Bu, dan dengan patuh mengikuti aturan untuk tidak mudik dan kumpul-kumpul. Kok ibu malah ngasih contoh begitu?” tulis akun @ad_meliora773.

Akun @mata_vespa menyindir dengan mengunggah komentar ucapan selamat ulang tahun kepada Khofifah. Tapi dia juga meminta agar tidak diobrak saat cangkruk. “Ditunggu klarifikasinya dari Ibu Gubernur kita yang tercinta terkait party-partynya yang melewati batas jam malam dan terjadinya kerumunan massa…,” tulis akun @fauzan.jundi.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang menggambar kerumunan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, viral di media sosial. Kerumunan itu diduga pesta ulang tahun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atau Wagub Jatim Emil Dardak pada Rabu malam, 19 Mei 2021.

Video itu mulai tersebar di jejaring WhatsApp dan media sosial sejak Kamis kemarin. Sontak setelah itu sebaran meluas di berbagai aplikasi medsos. Bahkan, akun gosip terkenal, Lambe Turah, ikut-ikutan menyebarkan video tersebut, Jumat, 21 Mei 2021. Tidak keterangan video diikutkan dalam unggahan itu.

Dalam video, terlihat kerumunan banyak orang berada di satu tempat tanpa menjaga jarak. Sajian makanan tertata di meja. Disebutkan bahwa lokasi acara ialah di sisi timur Gedung Grahadi. Sepertinya itu di bagian belakang Gedung Grahadi yang berada tepat di pinggir Kalimas.

Terdengar nyanyian lagu 'Selamat Ulang Tahun' yang dipopulerkan Jamrud. Di video yang disebarkan akun TikTok @iki_suroboyo disebutkan bahwa ada artis yang diundang dalam kegiatan itu, yakni vokalis Kla Project, Katon Bagaskara.

Tidak dijelaskan apakah pesta ultah itu acara Khofifah Indar Parawansa yang berulang tahun pada 19 Mei, atau ultah Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak yang berultah pada 20 Mei. Namun, Kepala Biro Humas Pemprov Jatim Agung Subagyo membenarkan bahwa acara yang viral di medsos itu adalah acara ultah.

Ia menjelaskan, mereka yang hadir adalah para pejabat dan pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim. Agung mengklaim acara sudah sesuai protokol kesehatan. "Semua juga sudah rutin diswab. Dhaharnya (makannya) juga katering langganan Grahadi yang sudah dipastikan kesehatannya," ujarnya dikonfirmasi wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya