Vaksinasi di Kota Baubau Baru Mencapai 20,50 Persen

Ilustrasi seorang tenaga medis memperlihatkan dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Sutrisno

VIVA – Dinas Kesehatan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mencatat warga kota itu yang sudah disuntik vaksin COVID-19 sebanyak 6.209 orang atau mencapai 20,50 persen dari sasaran vaksinasi sebanyak 30.285 orang.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Baubau, Marfiah Tahara, melalui pesan yang diterima, Jumat, mengungkapkan realisasi 20,50 persen itu merupakan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik dan warga lanjut usia (lansia). Sedangkan realisasi suntikan vaksin tahap dua baru sebanyak 3.692 orang atau 12,19 persen.

"Rinciannya untuk tahap pertama vaksin COVID-19 itu yakni tenaga kesehatan sebanyak 1.634 orang, petugas publik 4.355 orang, dan lansia 220 orang. Tahap dua untuk tenaga kesehatan 542 orang, petugas publik 1.997 orang, dan lansia 153 orang," kata Marfiah.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Ia mengatakan, vaksin yang digunakan terdiri dua jenis, yakni vaksin buatan Sinovac dan AstraZeneca. Selama proses vaksinasi, Dinas tidak menemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) kategori berat.

Hingga kini, kata dia, proses vaksinasi masih terus berjalan di tiap fasilitas kesehatan (faskes). Apalagi, Dinas kembali mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 600 vial dengan sasaran 6.000 orang suntikan vaksin tahap pertama untuk lansia, pelayan publik dan disabilitas.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

Ia juga menambahkan, dalam mempercepat proses vaksinasi, pihaknya tidak hanya menunggu di faskes melainkan juga turun jemput bola antara lain di sekolah-sekolah dengan sasaran para guru. (ant)

Warga korban banjir bergotong royong menyeberangkan kendaraan mereka menggunakan rakit anyaman dari bambu dan kayu di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Jumat, 10 Mei 2024.

Ratusan Korban Banjir di Sulawesi Tenggara Mengungungsi Mandiri, Menurut BNPB

BNPB melaporkan ratusan korban banjir di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, memilih untuk mengungsi secara mandiri ke rumah kerabat terdekat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024