Penumpang Selamat Kapal Tenggelam Dievakuasi ke Dermaga Jambi

Penumpang Kapal KM Wicly Jaya Sakti yang tenggelam dievakuasi ke dermaga
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Sebanyak 18 penumpang Kapal KM Wicly Jaya Sakti yang selamat dari musibah kapal tenggelam di Tengah Laut kawasan Tanjung Jabung Timur Jambi dievakuasi di Dermaga Kecamatan Kampung Laut Tanjung Jabung Timur, Jambi.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Para penumpang dibawa langsung oleh Kapal TB Sabang 21 yang saat itu melintas di perairan Tanjung Jabung dari Jakarta tujuan Kepulauan Riau. Kapal TB Sabang yang melihat ada kapal tenggelam langsung menyelamatkan para penumpang.

Dari 26 penumpang KM Wicly Jaya Sakti, 18 orang berhasil diselamatkan sedangkan 8 orang lagi hilang. 

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

Kepala Kantor SAR Jambi, Ibnu Harris Al Hussain saat dikonfirmasi mengatakan kapal TB Sabang 21 menyelamatkan para penumpang kapal KM Wicly di tengah laut dan langsung diantarkan ke Dermaga Kampung Laut Tanjabtim guna memberikan pertolongan kesehatan. 

"Para penumpang selamat yang jumlahnya mencapai 18 orang sudah sampai di Dermaga Tanjabtim dan langsung diberi pertolongan kesehatan," ujar Ibnu, Sabtu, 22 Mei 2021. 

Satu Korban Kapal Terbakar di Perairan Meranti Ditemukan Meninggal

Ibnu mengatakan, saat ini tim Gabungan Basarnas sedang melakukan pencarian para korban yang sampai saat ini belum ditemukan di Laut. 

"Tim gabungan Basarnas saat ini sedang melakukan proses pencarian korban sebanyak 8 orang yang sampai saat ini belum ditemukan," katanya.

Ibnu menjelaskan Kapal KM. Wicly tenggelam mengangkut muatan barang dan penumpang sebanyak 26 orang dari Kecamatan Nipah Panjang, Tanjabtim menuju Dabo Singkep, Kepulauan Riau. Di tengah perjalanan kapal dihantam gelombang dan tenggelam. 

"Kita berdoa bersama, semoga proses evakuasi pencarian para korban yang hilang ditemukan dengan selamat," katanya. 

Sebelumnya KM Wicly Jaya Sakti berangkat dari Nipah Panjang tujuan Dabo Singkep Kepri pada pukul 05.30 Wib pagi tadi. Di tengah perjalanan kapal dihantam gelombang hingga pecah dan tenggelam.

SAR Jambi memperoleh kabar tenggelamnya KM Wicly Jaya Sakti dari Polairud Polda Jambi pada 12.45 Wib. Kapal diperkirakan tenggelam sekitar pukul 06.00 Wib, berdasarkan informasi dari Kapal TB Sabang yang sedang melintas di perairan Tanjung Jabung Timur dari Jakarta menuju Kepri.

Kapal TB Sabang yang melihat KM Wicly Jaya Sakti tenggelam langsung mendekat dan mengevakuasi korban penumpang kapal yang tenggelam dan membawanya ke Tanjung Jabung Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya