Bareskrim Polri Akan Limpahkan Laporan ICW ke Dewas KPK

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Mabes Polri masih mendalami aduan yang dilaporkan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW), soal dugaan gratifikasi penyewaan helikopter yang diterima oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Namun berkas laporan itu sepertinya akan dikembalikan ke komisi antirasuah tersebut.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

"Sedang didalami dumas (aduan masyarakat) berkaitan yang dilaporkan," ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat 4 Juni 2021. Maka dari itu, Argo belum mau berkomentar lebih jauh perihal ini.

Sementara itu, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto menambahkan kasus tersebut sudah ditangani oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Sehingga, Korps Bhayangkara tak ingin ikut campur urusan internal komisi.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

Baca juga: Kapal Tabrak Pelabuhan, Dermaga I Lembar Lombok Ditutup Sementara

Kata Agus, Polri saat ini tengah fokus membantu pengendalian pandemi COVID-19. Sehingga, aduan dan bukti-bukti yang diserahkan oleh ICW akan diserahkan pihaknya pada Dewas KPK untuk ditindaklanjuti.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

"Kan sudah ditangani oleh Dewas. Mekanisme internal di KPK akan bergulir sesuai aturan, silakan dikonfirmasi ke sana. Jangan tarik-tarik Polri. Saat ini kita fokus kepada penanganan dampak kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional dan investasi akibat pendemi COVID-19. Nanti kami kembalikan ke Dewas saja. Kan sudah ditangani," jelas Agus.

Sebelumnya diberitakan, Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) mendatangi Badan Reserse Kriminal Polri guna memberi informasi terkait dugaan gratifikasi penyewaan helikopter yang disinyalir diterima oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

"ICW pada hari ini menyampaikan informasi dan laporan terkait dengan dugaan kasus penerimaan gratifikasi yang diterima oleh ketua KPK Firli Bahuri terkait dengan penyewaan helikopter," ucap anggota Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah di Gedung Bareskrim Polri, Kamis 3 Juni 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya