Proses Vaksinasi Padat, Bupati Tangerang: Antusiasme Warga Tinggi

Kepadatan proses vaksinasi di ICE, BSD, Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Sebanyak 5 ribu warga di 14 Kecamatan wilayah Kabupaten Tangerang, mendapatkan suntik vaksin Covid-19 yang dipusatkan di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Selasa, 8 Juni 2021.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Namun, proses vaksinasi yang diperuntukkan pada warga lanjut usia dan guru itu, tidak disertai dengan penerapan jaga jarak. Alhasil, terjadi kepadatan di antrean pintu masuk hingga ke dalam gedung.

Seperti yang dialami Sutrisno (57 tahun), warga Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang ini mengatakan, sejak pukul 08.00 WIB, dia telah mengantre. Antrean untuk masuk ke dalam gedung cukup panjang yang tidak dibarengi dengan adanya jaga jarak antar penerima vaksin.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

"Dari luar itu antrenya sudah panjang banget, berdirinya juga rapat-rapat, enggak ada yang ngawasin protokol kesehatan nya," katanya.

Baca juga: Moeldoko Bantah Tudingan UAS soal Dana Haji

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Begitu juga saat masuk ke dalam untuk mendapat panggilan giliran penyuntikan tidak ada jarak yang diberikan antar penerima.

Terkait hal itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, kepadatan itu terjadi lantaran antusias warga yang tinggi hingga, warga (penerima vaksin) datang secara berbarengan dan membuat penumpukan antrean. Padahal, dalam prosesnya, pihak panitia telah memberikan jadwal yang berbeda per kecamatan.

"Jadwalnya telah kita bagi di mana ada perbedaan dua jam antar kecamatan. Namun, antusiasnya tinggi dan warga yang datang bersamaan itu, tidak melihat jam layanan hingga menumpuk dan saat ini sedang terus kami urai agar tidak padat," ujarnya.

Yang mana memang diketahui, layanan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan itu dibuka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Yang mana kini, antrean pun telah berangsur terurai.

Alhasil, atas kejadian tersebut, Bupati mengimbau, agar warga yang akan datang vaksinasi besok, untuk datang sesuai dengan jam layanannya.

"Supaya tidak terjadi hal seperti ini lagi, kami imbau warga datang sesuai jamnya, karena Pemkab Tangerang sudah membagi jam layanan dengan selang 1 sampai 2 jam," ungkapnya. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya