Erupsi, Gunung Sinabung Batuk Abu Vulkanik Setinggi 4.500 Meter

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas erupsi hari ini. Abu vulkanik dilontarkan setinggi 4.500 meter dari atas puncak, Rabu siang, 28 Juli 2021, sekitar pukul 13.20 WIB.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Petugas pos pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra menjelaskan, dari pemantauan dilakukan pihaknya, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan. 

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 12 menit 22 detik," sebut Armen saat dikonfirmasi VIVA, Rabu siang, 28 Juli 2021.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Armen mengungkapkan, erupsi kali ini disertai dengan luncuran awan panas dari puncak Gunung Sinabung tersebut."Erupsi diikuti awan panas ke arah timur 1.000 meter dan 1.000 meter ke arah Tenggara," kata Armen.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status kevel III atau Siaga. Dengan itu, Armen mengimbau, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Kemudian, bila terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ucap Armen.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024