PPKM Level 4 Diperpanjang atau Tidak, Ini Kata Menkes Budi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan keputusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  atau PPKM Level 4 diperpanjang atau tidak, akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau menteri koordinator.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

“PPKM diperpanjang atau tidak, nanti kami serahkan ke Bapak Presiden atau Bapak Presiden nanti menugaskan Pak Menko untuk pengumuman itu,” kata Budi saat konferensi pers virtual pada Senin, 2 Agustus 2021.

Memang, kata dia, PPKM level 4 yang diperpanjang mulai 26 Juli sampai 2 Agustus ini dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin, 2 Agustus 2021.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

“Ya kita sudah bahas, cuma kami ini ingin menyampaikan bahwa nanti akan ada sesi khusus bisa oleh Bapak Presiden, bisa juga Bapak Presiden menugaskan ke pak menko untuk menyampaikan keputusan beliau,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada atas penyebaran Virus Corona (COVID-19) varian baru Delta. Menurut dia, saat ini memang angka kasus konfirmasi COVID-19 sudah mengalami penurunan.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baca juga: PPKM, Bisnis Bahan Pokok Manufaktur hingga Konstruksi Ini Tetap Moncer

“Bapak presiden mengingatkan, selain bersyukur kita harus tetap waspada. Karena virus ini sulit diduga penyebarannya terjadi di mana-mana seluruh dunia,” jelas dia.

Dalam tujuh hari terakhir, kata dia, kasus kofirmasi COVID-19 di Indonesia terutama Pulau Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan, termasuk keterisian tempat tidur pasien COVID-19 atau Bed Occupancy Ratio (BOR) rumah sakit.

“Jadi Bapak Presiden menekankan kita bersyukur bahwa kerja keras kita sudah berhasil menurunkan angka konfirmasi, tekanan di rumah sakit. Tapi jangan lupa, kita harus terus waspada. Sekarang negara-negara besar dunia juga naiknya tinggi,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya