Berseragam Pramuka, Gibran Melayat ke Pura Mangkunegaran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melayat ke Pura Mangkunegaran Solo untuk memberikan penghormtan terakhir kepada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX, Beliau meninggal dunia pada Jumat kemarin.

Pantauan VIVA, Gibran melayat ke rumah duka di Dalem Ageng Pura Mangkunegaran Solo sekitar pukul 08.15 WIB. Kedatangan putra sulung Presiden Jokowi itu didampingi oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Aji.

Baca juga: Cetak Kartu Vaksin Berbahaya, Kemendag Tertibkan E-Commerce

Gibran dan rombongan melayat ke Pura Mangkunegaran setelah selesai menggelar upacara Peringatan Hari Pramuka yang digelar di halaman Balai Kota Solo, Sabtu, 14 Januari 2021. Tak pelak saat melayat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang KGPAA Mangkuengara IX, Gibran dan wakilnya masih mengenakan seragam pramuka berwarna coklat lengkap dengan hasduk berwarna merah dan putih.

Kedatangan Gibran dan rombongan diterima langsung oleh Permaisuri Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX yang didampingi oleh putra-putrinya GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Selanjutnya, mereka langsung masuk ke tempat persemayaman jenazah penguasa Pura Mangkunegaran di Dalem Ageng.

Setelah selesai memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan almarhum, kemudian Gibran keluar. Sempat berbincang-bincang sejenak dengan pewrmaisuri dan putra-putri KGPAA Mangkunegara IX, sebelum Gibran dan rombongan pamit meninggalkan istana kadipaten tersebut.

Gibran menyatakan, kedatangannya ke Pura Mangkunegaran untuk melayat dilakukannya setelah memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka di Balai Kota Solo. Ia pun mengajak rombongan pejabat dari Pemkot Solo maupun kapolresta dan dandim untuk melayat ke rumah duka di Pura Mangkunegaran.