Kimia Farma Ungkap Peran Penting Bidan di Tengah Pandemi COVID-19

Perkumpulan bidan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Asifit memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 Kimia Farma serta Pekan ASI Sedunia Tahun 2021 dengan tema: Peran Tangguh Bidan di Masa Pandemi COVID-19 yang sejalan dengan tema HUT KF yaitu: Collaborating For A Healthier Indonesia.

Kemenkes: COVID-19 Tidak Sepenuhnya Hilang, Masih Ada Potensi Muncul Varian Baru

Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Imam Fathorrahman mengatakan, di tengah kondisi pandemi yang sudah memasuki tahun kedua ini, Kimia Farma merayakan HUT ke-50 tahun dengan menunjukkan kepeduliannya terhadap para tenaga kesehatan di Indonesia khususnya bidan.

"Situasi pandemi ini mentransformasi semua hal di kehidupan kita dari kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan semua tingkah laku. Tentunya ini harus menjadi satu pembelajaran bagi kita, terutama bidan yang merupakan tenaga medis, garda terdepan dalam penanganan COVID-19," kata Imam dikutip Senin, 16 Agustus 2021.

Kemenkes: Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Waspadai COVID-19 Varian KP.1 dan KP.2

Para bidan, kata Imam, harus meng-upgrade ilmu dan mengadaptasikan diri pada perubahan dalam penanganan pasien dimasa pandemi. Menurutnya, bidan mengemban tugas mulia dan luar biasa yaitu membantu dan menolong masyarakat Indonesia khususnya Ibu hamil dan menyusui, serta harus menjaga diri demi keluarga tersayang di rumah.

Sebagai bentuk dukungan terhadap bidan, Asifit bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia telah mengadakan Gebyar Webinar Interaktif Ilmiah dihadiri 3.000 bidan di seluruh Indonesia.

7 Fakta COVID-19 Melonjak di Singapura, Sepekan Capai 25 Ribu Kasus

Acara ini juga merupakan wujud kepedulian Asifit mendukung program pemerintah dalam pemberian ASI Ekslusif. Webinar ini dibuka oleh Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia Emi Nurjasmi dan Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Imam Fathorrahman.

Kemudian dimeriahkan oleh dr. Boy Abidin Sp.OG (K) sebagai narasumber dengan tema 'Tatalaksana Penanganan Ibu Hamil dan Menyusui yang Terpapar COVID-19 serta Optimalisasi Bidan dalam Persiapan ASI ekslusif pada Masa Golden Age' serta, Narasumber kedua yaitu Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes dengan tema 'Peran Bidan dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu Hamil saat Pandemi COVID-19'.

Gebyar webinar interaktif ini adalah langkah awal Asifit untuk menjalin kerjasama bersama bidan. Kami memiliki program yaitu Asifit Tumbuh Bersama Bidan, dimana Asifit men-support para bidan dalam persiapan serta optimalisasi pemberian ASI ekslusif untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga Indonesia memiliki generasi cerdas dan berkualitas.

“Dalam rangka HUT 50 tahun Kimia Farma dan Pekan ASI Sedunia, Asifit mendukung program ASI Ekslusif dengan mendukung ibu di Indonesia agar mereka terus memberikan ASI secara optimal walaupun di tengah pandemi COVID-19 dimana bidan memiliki peran penting dalam mendorong pemberian ASI sesuai kompetensi dan kualifikasi bidan.” kata Imam.

Ia juga mengucapkan, selamat ulang tahun IBI Ke-70 kepada para bidan dan berterima kasih atas bakti bidan membantu melahirkan generasi pemuda pemudi Indonesia.

Baca juga: Kepala-Bendahara Puskesmas di Sumut Jadi Tersangka Pungli Bidan Desa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya