Ratusan Ibu Hamil di Tangerang Terpapar COVID-19, Lima Meninggal

Sejumlah wanita hamil di Kota Tangerang, Banten, mengantre untuk disuntik vaksin COVID-19 di beberapa puskesmas dan rumah sakit pemerintah, Kamis, 19 Agustus 2021.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Dinas Kesehatan Kota Tangerang melaporkan bahwa sebanyak 369 ibu hamil di kota itu terpapar COVID-19 sepanjang masa pandemi sejak Maret 2020. Bahkan, beberapa di antara mereka meninggal dunia.  

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini mengatakan, ibu hamil memang terkategori rentan terpapar COVID-19. “Ibu hamil ini pun risiko terpaparnya cukup tinggi, karena bukan hanya sang ibu yang bisa terpapar, tapi janin yang ada di dalam kandungan pun dikhawatirkan terkena risiko juga," katanya di Tangerang, Banten, Kamis, 19 Agustus 2021.

Karena alasan itu, pemerintah mulai menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil pada usia kandungan lebih dari 13 minggu hingga 33 minggu. Vaksinasi bagi para ibu hamil, yang sementara ini ditargetkan untuk 3.157 orang, dilaksanakan di fasilitas kesehatan pemerintah yang meliputi 38 Puskesmas dan RSUD Kota Tangerang. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksinasi khusus untuk ibu hamil direncanakan tidak hanya di puskesmas dan rumah sakit pemerintah, melainkan semua rumah sakit swasta dan klinik-klinik mandiri milik bidan.

Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024