Pusat Mau Pakai Peduli Lindungi di Mal, Ganjar : Uji Coba Dulu Lah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta Pemerintah Pusat berhitung betul terkait penerapan aplikasi Peduli Lindungi di mal, restoran, maupun pusat perbelanjaan. Ia usul agar aturan tersebut di ujicoba dulu jika akan diterapkan.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

"Pemerintah sudah menyiapkan agar aplikasi peduli lindungi itu menjadi yang pokok, sekarang persoalannya bagaimana kita mengimplementasi itu," kata Ganjar setelah mengikuti Rakor bersama Menko Marves Luhut Panjaitan secara virtual, Senin 23 Agustus 2021. 

Ganjar mengusulkan agar pelaksanaannya dilakukan dengan uji coba. Misalnya, di satu daerah dengan level PPKM tertentu dibolehkan uji coba pembukaan satu restoran atau mal. Sehingga nanti ada contoh sehingga semua orang akan bisa melakukan.

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

Baca Juga: BI Resmi Standarisasi Sistem Pembayaran, Ini Jadi Hal Istimewa

Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi mesti gencar sosialisasinya kepada masyarakat, sehingga pada pelaksanaannya semuanya sudah meng-install aplikasi tersebut.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Kalau sudah ada beberapa contoh yang disiapkan, kita bisa segera tahu kesulitan-kesulitannya apa. Karena memang kita suka tidak suka, mau tidak mau harus memasuki kebiasaan baru," jelasnya.

Masyarakat lanjutnya, juga mesti paham, jika ke mal atau pusat perbelanjaan dan restoran, kemudian terdeteksi positif COVID-19 maka harus mau langsung diisolasi.

"Agak rumit, tapi ini kebiasaan baru untuk melindungi. Ini bagian dari komitmen dan belajar. Kalau terbiasa nanti juga akan tidak merepotkan," kata Ganjar.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya