Ratusan SD dan SMP di Semarang Mulai Gelar Belajar Tatap Muka

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyapa siswa yang menjalani sekolah secara daring saat memantau pembelajaran secara tatap muka di SMPN 12 Semarang, Jawa Tengah, Senin, 30 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA/I.C.Senjaya

VIVA – Sebanyak 442 SD dan SMP negeri dan swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin, 30 Agustus 2021, mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi COVID-19

PTM Kembali Aktif, Sun Life Dorong Kesadaran Kesehatan Anak di Sekolah

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, di sela pantauan di SMPN 12 Semarang, mengatakan, pelaksanaan pembelajaran tatap muka hari pertama itu berjalan sesuai rencana. "Dulu kan sudah pernah uji coba. Situasi terkendali, para siswa juga semangat," katanya.

Pelaksanaan pembelajaran para siswa dikombinasikan antara metode secara luring yang diikuti siswa di sekolah dan secara daring untuk siswa dari rumah.

Kemendikbud: Siswa Positif COVID-19, PTM Sekelas Disetop Bukan Sekolah

Menurut wali kota yang akrab disapa Hendi itu, PTM juga bertujuan untuk menjaga kemampuan para siswa dalam berinteraksi sosial.

Ia menegaskan yang terpenting dalam pelaksanaan PTM ialah para siswa memahami pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat serta tidak ada kerumunan.

USU Jadwalkan Perkuliahan Tatap Muka September 2022

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri menjelaskan rincian dari sekolah yang telah menjalankan PTM terbagi atas 325 SD dan 44 SMP. Sedangkan sekolah swasta terdiri atas 51 SD dan 22 SMP.

Selain SD dan SMP, kata dia, terdapat pula 40 TK swasta dan negeri yang juga sudah mulai pelaksanaan PTM.

Gunawan menjelaskan pelaksanaan PTM terdiri dari empat mata pelajaran yang masing-masing berlangsung selama 30 menit. PTM dilaksanakan secara bertahap oleh pihak sekolah.

"Tugas sekolah memberi edukasi kepada siswa tentang protokol kesehatan, mulai dari di rumah, di sekolah, dan selama perjalanan dari sekolah ke rumah," kata Gunawan Saptogiri. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya