Tumpahan Minyak di Perairan Aceh Buat Nelayan Kehilangan Tangkapan

Kapal nelayan/ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Nelayan yang berada di pesisir Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang, mengeluhkan adanya tumpahan minyak di perairan wilayah itu. Akibatnya nelayan kehilangan area penangkapan ikan. Bahkan diantara nelayan tersebut ada yang tidak melaut, sembari menunggu pihak terkait untuk membersihkan gelembung minyak diperairan tersebut.
 
Wakil Sekjend Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek mengatakan, nelayan di sana bahkan sudah melaporkan adanya tumpahan minyak itu sejak sebulan lalu. Namun, tidak ada tanggapan dari Pertamina.
 
“Nelayan banyak mengeluh karena kehilangan area penangkapan ikan akibat tumpahan minyak,” kata Miftach Cut Adek, Kamis, 2 September 2021.
 
Sementara bagi nelayan yang memilih untuk tetap melaut, harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mencukupi bahan bakar. Karena area penangkapannya bertambah jauh dari biasanya. Kerugian semakin bertambah, karena hasil tangkapan mereka yang nihil.
 
“Area tangkapan nelayan tambah jauh. Banyak juga nelayan yang merugi,” kata Miftach.

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Saat ini Pertamina EP (PEP) Pangkalan Susu, sedang melakukan survei sebagai tindak lanjut laporan dari nelayan di perairan Aceh itu.

Tim Penanganan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP Field Pangkalan Susu, langsung melakukan pengecekan ke lokasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah penanganan lapisan tipis minyak tersebut.

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

Senior Manager Relations Pertamina Subholding Upstream Regional Sumatera, Yudy Nugraha mengatakan, pihaknya telah mengerahkan 13 kapal untuk melakukan pembersihan lapisan tipis minyak. Yakni dengan menggunakan oil boom dan oil skimmer.

"Saat ini, penanganan sedang berjalan dan dilakukan dengan cepat dan intensif serta tetap mengutamakan keselamatan kerja,” ucap Yudy dalam keterangannya.

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku
Angin puting beliung terpantau di perairan Bangkalan, Madura

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin puting beliung terpantau berputar hebat dan menerjang perairan selat Madura, tepatnya di wilayah pesisir barat Kabupaten Bangkalan, Madura, pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024