Ganjar: Butuh 2,5 Juta Vaksin Per Minggu Kalau Mau Capai Target

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menegaskan pihaknya siap melakukan percepatan vaksinasi. Namun, hingga saat ini, tambahan vaksin dari pemerintah pusat ke Jateng hitung-hitungannya masih kurang untuk memenuhi target yang dicanangkan Presiden Jokowi yaitu vaksinasi bisa selesai Desember tahun ini.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Menurutnya, butuh stok vaksin hingga 2,5 juta perminggu untuk mencapai target tersebut.

"Kami optimis akhir tahun ini selesai, karena itu target presiden. Makanya harus dilakukan percepatan untuk itu," kata Ganjar setelah memimpin rapat penanggulangan COVID-19 secara daring, Senin, 6 September 2021.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Di Jateng, katanya, target vaksinasi mencapai 28 juta orang. Hingga saat ini, baru sekitar 7,7 juta warga yang sudah divaksin dosis pertama dan 4,5 juta masyarakat Jateng sudah vaksin dosis kedua.

"Kalau sampai Desember nanti ditargetkan selesai, maka Jateng butuhnya 2,5 juta dosis vaksin tiap minggu. Namun dengan kiriman saat ini yang hanya 1 juta sampai 1,6 juta perminggu, maka target selesai vaksinasi sampai akhir tahun lanjut Ganjar akan sulit tercapai," katanya.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Baca juga: Polda Jateng Siapkan Ratusan Ribu Dosis Vaksin untuk Pesantren

Ganjar mengatakan jajarannya sudah melakukan mitigasi, dan menyiapkan skenario.

"Dugaan saya kalau vaksin banyak kita agak lari kencang di Oktober, November sampai Desember. Maka kita siapkan beberapa skenario agar kalau ini ditambah maka kita bisa lebih enteng," kata Ganjar.

Sejumlah daerah di Jateng, tambahnya, siap melakukan percepatan.

"Hari ini saja Pemkab Sragen siap menyuntikkan 13 ribu dosis dalam sehari. Kalau ini bisa, saya ingin tunjukkan ke pemerintah pusat, bahwa insya Allah kita mampu, Pemda mampu untuk melakukan percepatan," tegas Ganjar.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya