Warga Klaten Dihebohkan dengan Penemuan Bulus Raksasa, Ini Faktanya

Ilustrasi Bulus Raksasa
Sumber :
  • Instagram/rer_riau

VIVA – Warga Klaten dihebohkan dengan penemuan bulus raksasa yang ditemukan di area terowongan kuno di wilayah Klaten, Jawa Tengah (Jateng), ini faktanya.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Penemuan Bulus Raksasa

Bulus raksasa yang menghebohkan warga klaten tersebut ditemukan oleh salah satu warga Dukuh Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bulus tersebut ditemukan di terowongan kuno buatan zaman Belanda pada Senin (6/9/2021) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Ukuran Bulus

Menurut warga yang menemukan Bulus tersebut, Bulus raksasa itu berukuran cukup besar dengan Panjang sekitar 80 sentimeter, lebar 36 sentimeter dan berat mencapai 20 kilogram.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Kondisi Bulus Raksasa

Awalnya, warga yang menemukan bulus tersebut dalam keadaan masih hidup. Warga kemudian mengangkat dan membawa bulus ke daratan. Namun sayang, Bulus raksasa yang ditemukan tersebut dalam keadaan sudah mati dan tubuhnya sudah membengkak.

Bulus Akan Diawetkan

Dikabarkan bahwa selama ini Desa tersebut tidak pernah menemukan bulus. Penemuan bulus raksasa ini merupakan penemuan pertama. Rencananya, bulus raksasa tersebut akan diawetkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sabranglor dan dipajang di sekitar embung bakal direvitalisasi sebagai kolam pemancingan dan pusat kuliner.

Warga Sekitar Ramai Berfoto Dengan Bulus Raksasa

Bulus raksasa yang ditemukan tersebut memiliki warna coklat pekat dengan beberapa bagian tubuh berwarna hitam. Sejumlah warga sekitar menyaksikan bulus tersebut dan berfoto selfie dengan bulus raksasa yang sudah mati itu. 

Penemuan Hewan Lainnya

Diketahui bahwa selain bulus raksasa ditemukan, sebelumnya seorang warga juga menemukan ikan Toman raksasa di dalam embung atau kolam yang berada di Dusun Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tersebut. 

Penemuan ikan tersebut masih satu komplek atau masih berdekatan dengan penemuan terowongan kuno di Dusun Samber, Desa Sabranglor yang sempat membuat heboh pada pekan lalu. Ikan Toman merupakan ikan buas yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan.  

Sebenarnya, warga Klaten sudah tidak asing dengan hewan bulus raksasa. Tak jauh dari wilayah Trucuk, dulunya juga terdapat bulus raksasa. Bulus raksasa itu hidup di sekitar kolam sumber air alami, di desa Jimbung, dekat tempat wisata bernama Rowo Jombor, Klaten. Namun, keberadaan bulus raksasa di Jimbung tersebut tidak terlihat setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya