DPR Minta Masyarakat Bijak dan Tidak Lengah Gunakan Media Digital

Ilustrasi gadget.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Literasi digital dinilai penting untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan terutama bagi masyarakat usia milenial. Dengan masyarakat yang aktif dalam literasi digital maka mendukung program pemerintah dalam melakukan transformasi digital.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Hal ini dibahas dalam webinar ngobrol bareng legislator dengan menghadirkan Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PAN, Ahmad Rizki Sadig, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan dan juru bicara muda PAN sekaligus pegiat media sosial Aliah Lestari Sayuti.

Rizki Sadig menyampaikan pentingnya literasi digital bagi masyarakat saat ini di tengah pandemi COVID-19. Hal ini dianggapnya sudah menjadi suatu kebutuhan dan keharusan. 

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Apalagi, kata dia, pemerintah saat ini juga tengah menggenjot percepatan pembangunan infrastruktur digital. Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat juga mesti bijak dalam penggunaan media digital.

"Bijaksanalah dalam menggunakan media digital. Kita jangan lengah dalam mempublikasikan atau memberikan data pribadi kita kepada sembarang orang sebab jejak digital tidak dapat dihapus yang menimbulkan rasa penyesalan diri di kemudian hari," kata Rizki, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 12 September 2021.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Sementara, Aliah Lestari Sayuti menjelaskan dengan keahlian digital bisa bermanfaat positif untuk anak muda dalam pekerjaan maupun berwirausaha. Maka itu, kecakapan digital bisa menjadi wadah penting untuk sebagai modal yang kreatif.

Menurutnya, saat ini ada beberapa digital skill yang harus dimiliki masyarakat muda. Salah satunya seperti keahlian coding, yakni keahlian dalam membuat suatu program dengan cara menyusun kode. 

"Keahlian project management, yaitu kemampuan seseorang dalam manajemen suatu project dari perencanaan hingga finishing," tutur Aliah.

Kemudian, Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan menambahkan anak muda harus produktif dalam literasi digital. Dengan cakap digital, menurutnya kaum muda bisa mengoperasikan dengan bijak dalam pemanfaatan teknologi.

Dia bilang masyarakat digital sebagai pilar penting untuk mewujudkan agenda transformasi digital yang digaungkan pemerintah.

"Kemampuan tersebut menjadi tingkatan dasar yang paling krusial dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi," kata Semuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya