Resmikan PLBN Sota Merauke, Jokowi: Fasilitasnya Lengkap

Presiden Jokowi Resmikan PLBN Sota, Merauke Papua
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ Syaefullah

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, yang terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Peresmian dilakukan pada Minggu 3 Oktober 2021. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Dengan bismillahirohamanirrohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyanyang. PLBN Sota saya nyatakan diresmikan. Semoga Tuhan memberkati kita," kata Jokowi

Dalam penjelasannya, Kepala Negara mengatakan bahwa kawasan perbatasan adalah wilayah terdepan Indonesia. Yang mewakili wajah bangsa yang harus terus dibangun, agar bisa menjadi

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Karena sejak 7 tahun terakhir saya telah memerintahkan PLBN di berbagai titik di seluruh Tanah Air. Dengan wajah baru, dengan tampilan baru, dan juga yang paling penting dengan cara-cara pelayanan yang baru yang lebih baik, yang menjadi cerminan komitmen kita untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan," jelas Jokowi.

Jokowi menuturkan, bahwa PLBN terpadu Sota merupakan PLBN ke-8 yang telah dibangun di perbatasan Indonesia. PLBN kedua di Papua setelah Skouw di Jayapura.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Saya melihat PLBN Sota ini dibangun dengan konsep yang terintegrasi memili fasilitas yang lengkap, ada bangunan komersial, ada fasilitas umum dan sosial, mass pegawai, tempat ibadah, ada pasar, ada jalan pendestrian, ada area parkir, dan pendukung lainnya," jelasnya.

Dengan demikian, Jokowi berharap PLBN sota ini memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia yang melintasi menuju Papua Nugini dan meningkatkan keamanan perbatasan. 

"Serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru, dan membuat masyarakat di perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap Indonesia," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya