TNI Naik Motor atau Berjalan untuk Vaksin Warga di Pelosok Jawa Barat

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto saat meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk warga di daerah pelosok Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat, 15 Oktober 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – TNI Kodam III/Siliwangi mengintensifkan vaksinasi COVID-19 secara door to door atau dari rumah ke rumah ke perkampungan yang tak terjangkau sentra vaksinasi di Jawa Barat. Salah satunya di Desa Buninagara, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto menjelaskan, sentralisasi vaksinasi tetap ada demi kemudahan akses di perkotaan. Vaksinasi kini mulai ke wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau dengan mobil vaksinasi.

“Kita gunakan kendaraan [sepeda] motor bila perlu berjalan kaki. Nah, seperti gini saya akan lebih intensifkan untuk mempercepat vaksinasi bagi masyarakat yang susah dijangkau dengan kendaraan roda empat,” ujarnya, Jumat, 15 Oktober 2021.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Percepatan vaksinasi dengan cara door to door ke pelosok daerah dinilai sangat dibutuhkan untuk mempercepat kekebalan kelompok disertai dengan edukasi kepatuhan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Percepatan vaksinasi di wilayah Jawa Barat dan Banten dilaksanakan setiap hari. Bertujuan untuk meningkatkan imunitas dalam melawan COVID-19 serta menciptakan herd immunity masyarakat,” katanya.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Kodam menerjunkan 32 tenaga kesehatan yang terdiri dari Poliklinik Kesehatan Kodim, Dinas Kesehatan, dan relawan. Vaksin sebanyak 1.000 dosis dari TNI disertai pemberian bantuan sosial 1.000 paket sembako.

Risiko penularan COVID-19 saat ini masih tinggi. Cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan ialah dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya