Anggotanya Banting Mahasiswa, Kapolda Banten Dilaporkan ke Propam

Brigradir NP, polisi yang membanting mahasiswa saat demo minta maaf
Brigradir NP, polisi yang membanting mahasiswa saat demo minta maaf
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho dilaporkan oleh Poros Mahasiswa Banten ke Divisi Propam Polri buntut dari aksi anggota polisi yang membanting mahasiswa. Aksi kekerasan terhadap mahasiswa terjadi di Kabupaten Tangerang, Banten beberapa hari lalu.

"(Diadukan karena) melanggar prosedur pengamanan unjuk rasa. Mahasiswa dibanting di Tangerang," kata Ketua Umum Pengurus Pusat POROS Banten, Mukhlas saat dikonfirmasi wartawan pada Senin, 18 Oktober 2021.

Irjen Rudy diadukan terduang dalam Surat Penerimaan Surat Pengaduan Propam Nomor: SPSP2/3726/X/2021/Bagyanduan yang ditujukan kepada Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Laporan itu diterima oleh Brigadir Polisi Restu Sunardi pada Senin, 18 Oktober 2021.

MFA (20), mahasiswa yang mendapat tindak kekerasan dari Brigadir NP.

MFA (20), mahasiswa yang mendapat tindak kekerasan dari Brigadir NP.

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly

Rudy dilaporkan karena dugaan tidak profesional sebagai Kapolda Banten atas tindakan represif dan penyalahgunaan prosedur saat pengamanan massa aksi unjuk rasa di Provinsi Banten yang terus berulang.

”Aksi aparat kepolisian melakukan smackdown di Tangerang bukan peristiwa tunggal,” ujarnya.

Berdasarkan catatan, dalam waktu triwulan ke belakang ada tiga kali kejadian. Pada 13 September 2021, terjadi aksi serupa yakni anggota kepolisian melakukan tindakan represif terhadap mahasiswa yang sedang melakukan unjuk rasa mengenai Anggaran Perjalan Dinas di DPRD Pandeglang.