Jokowi Minta Ridwan Kamil Benahi Pelosok Jabar, Dikasih Rp400 Triliun

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Selatan. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, dari Perpres tersebut Jawa Barat mendapat suntikan dana Rp400 triliun untuk pembiayaan infrastruktur menghilangkan kesenjangan.

"Kami mendapat komitmen dari pemerintah pusat senilai Rp400 triliun selama tiga tahun sampai 2024, digelontorkan untuk kawasan Rebana dan kesetaraan Jawa Barat selatan," ujar Ridwan Kamil, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurutnya, adanya suntikan dana ratusan triliun disertai dengan realisasi investasi pembangunan dari Pemprov Jawa Barat, dapat mempercepat perubahan pembangunan di pelosok Jawa Barat di bagian Selatan maupun Rebana yang meliputi Cirebon, Patimban Subang dan Kertajati Majalengka.

"Jadi komitmen itu menguatkan, sudah mah investasinya tinggi, juga Perpres lahir mendukung infrastruktur, Insya Alloh dalam tahun - tahun depan kemajuan ekonomi Jawa Barat akan sangat luar biasa," katanya.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dalam sambutannya, yang disampaikan Deputi Seskab Bidang Perekonomian Satya Bhakti Parikesit, menuturkan bahwa Perpres Nomor 87/2021 mencakup progres dan proyek - proyek pembangunan di Jabar bagian utara dan Jabar bagian selatan. 

"Pada implementasinya nanti diharapkan sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terlibat mempertimbangkan percepatan pembangunan dalam Perpres," pesan Pramono yang dibacakan Satya dalam 3RD West Java Investment Summit (WJIS) 2021 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis 21 Oktober 2021.

Pramono pun mengatakan, Perpres Nomor 87 Tahun 2021 diharapkan dapat mengatasi berbagai tantangan dan masalah di Jabar, seperti ketimpangan dan kemiskinan. Ia pun berharap Perpres Nomor 87 Tahun 2021 dapat membawa manfaat, kesejahteraan, dan kemakmuran, bagi masyarakat Jabar.