Polisi Sita Rp20 M dari Pinjol Ilegal yang Sebabkan Ibu Gantung Diri

Pengungkapan jaringan pinjaman online (Pinjol) ilegal
Pengungkapan jaringan pinjaman online (Pinjol) ilegal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Seorang ibu di Wonogiri, Jawa Tengah nekat gantung diri buntut diteror 23 aplikasi pinjaman online (pinjol) ilegal. Slah satunya adalah pinjol Fulus Mujur yang dikelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Solusi Andalan Bersama (SAB). 

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal Polri sendiri sudah mencokok Ketua KSP Solusi Andalan Bersama berinisial MDA.

"Telah dilakukan penangkapan dan penahanan terhadap saudari JS (pendana), MDA (Ketua KSP Solusi Andalan Bersama), dan SR," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Helmy Santika kepada wartawan, Sabtu 23 Oktober 2021.

Dia menjelaskan pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti dari MDA. Ada uang sebesar Rp20,4 miliar yang tersimpan dalam rekening bank. Selain itu, disita akte pendirian KSP Solusi Andalan Bersama, perjanjian kerjasama dengan payment gateway, handphone.

Kasus ini terungkap berawal korban mendapat SMS dari aplikasi pinjol ilegal 'Pinjaman Nasional' yang  dikelola oleh KSP Solusi Andalan Bersama.

"Berawal pada Juli 2021, korban menerima informasi pesan SMS di HP milik korban berupa link aplikasi 'Pinjaman Nasional'," jelas Helmy.

Foto Ilustrasi: TKP korban gantung diri (Istimewa)

Foto Ilustrasi: TKP korban gantung diri (Istimewa)

Photo :
  • IST