Jubir Jokowi Kosong, Johan Budi: Jangan Semua Bicara Mewakili Presiden

Johan Budi di Gedung DPR RI
Johan Budi di Gedung DPR RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Posisi Juru Bicara Presiden Joko Widodo saat ini kosong, usai Fadjroel Rachman dilantik sebagai duta besar. Siapa yang akan menggantikannya, belum ada penjelasan lebih lanjut.

Dihubungi terkait hal ini, mantan Jubir Presiden Jokowi, Johan Budi Sapto Pribowo menjelaskan sebenarnya kebutuhan akan juru bicara itu tergantung Presiden sebagai user.

Jelas Johan, apakah nanti untuk ke publik langsung oleh Presiden, atau melalui tiga pilarnya yakni KSP, Menteri Sekretaris Negara, dan Sekretaris Kabinet.

"Tapi pesan saya jangan semua bicara mewakili Pak Jokowi. Yang di lingkaran Istana ditunjuk saja salah satu kalau butuh jubir ditunjuk jubir. Kalau berkaitan sama cukup diwakili satu diantara tiga itu juga bisa," kata Johan Budi, kepada VIVA, Selasa 26 Oktober 2021. 

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (kiri).
Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (kiri).

Jangan Semua Mengatasnamakan Presiden

Butuh satu orang yang bisa mengatasnamakan Presiden, menurutnya penting. Tidak semua orang berbicara dengan membawa nama Presiden. Menurutnya, akan berbahaya jika semua berbicara mewakili Presiden Jokowi tetapi tidak sama atau berbeda pernyataan. Maka ini yang bisa menimbulkan persepsi lain di publik.