Dibangun Kembali, Penghuni Kampung Susun Akuarium Rasakan Hunian Layak

Kampung susun akurium
Kampung susun akurium
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

VIVA – Akhirnya penantian 5 tahun warga Kampung Akuarium dibayar tuntas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat peresmian Kampung Susun Akuarium pada 17 Agustus 2021 lalu.

Setelah sempat digusur pada 2016 lalu, mereka kini bisa memulai hidup baru dengan menempati hunian yang lebih layak.

Setelah kejadian tersebut, hanya tersisa 100 orang dari sekitar 1.000-an warga Kampung Akuarium yang bertahan dan ingin kembali menempati kawasan tersebut. Sisanya memilih tinggal di rumah susun atau rusun milik Pemprov DKI.

Kini, penantian untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak dan nyaman bisa dirasakan kembali oleh penghuni Kampung Susun Akuarium.

Hal ini memang telah menjadi komitmen Pemprov DKI di era Gubernur Anies Baswedan. Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk memastikan perlindungan dan memastikan warga mendapatkan hak untuk memiliki permukiman yang layak.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Sarjoko mengatakan, penataan dan pembangunan Kampung Susun Akuarium ini dilakukan dengan pendekatan Community Action Plan (CAP).

Pendekatan dengan metode CAP merupakan upaya kolaborasi antara warga dengan pemerintah, sehingga warga bisa mewujudkan harapan dan keinginan untuk menata kawasan permukiman sesuai kebutuhan.