NU Lampung Sarankan Kemenag Usut Dugaan Oknum Borong Kamar Hotel

Nahdlatul Ulama. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Jelang perhelatan Muktamar ke-34, muncul isu dugaan oknum Kementerian Agama (Kemenag) yang memborong kamar sejumlah hotel di Lampung. Pengurus Wilayah NU (PWNU) Lampung meminta Kemenag memberikan klarifikasi soal isu tersebut.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Wakil Ketua PWNU Lampung, Muhammad Irfandi menyampaikan pihaknya masih menunggu klarifikasi Kemenag terkait dugaan borong kamar hotel di Lampung. Ia mengatakan demikian karena dugaan borong kamar hotel oleh oknum Kemenag bertepatan dengan pergelaran Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) pada 23-25 Desember 2021. 

Irfandi menyarankan Kemenag bisa melakukan investigasi terhadap dugaan oknum yang mengatasnamakan kementerian tersebut. Bagi dia, permintaan agar Kemenag mengusut agar tak ada saling tuduh.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

"Ini perlu adanya klarifikasi, sehingga kita tidak saling sengkerut dan saling tuduh. Saya juga tidak menuduh indikasinya tetap ada kalau memang tidak ada niatan untuk menyelesaikan bahwa ada indikasi sabotase," kata Irfandi, dalam keteranganya, Selasa, 9 November 2021.

Kamar hotel disemprot disinfektan

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Dia heran dan jadi pertanyaan bila benar ada dugaan memborong hingga lebih 100 kamar di beberapa hotel. "Dan, itu menjadi pertanyaan orang, berikut saya juga," jelas Irfandi.

Menurut dia, dengan isu ini dikhawatirkan memunculkan kesan dan citra yang tak baik untuk PCNU Lampung sebagai tuan rumah muktamar. Padahal, ia meyakini Lampung dipilih jadi tuan rumah karena kemampuan mengakomodir para tamu-tamu.

"Karena ini akan menjadi pertaruhan citra baik PCNU Lampung sebagai tuan rumah. Gimana nanti kita mau mencari hotel, gimana dengan kiai-kiai kita yang sepuh mau tinggal di hotel," tutur Irfandi

Irfandi menyampaikan sebagai tuan rumah Muktamar ke-34, NU Lampung hanya mau jadi penyelenggara yang baik. Pun, ia menekankan agar pergelaran Muktamar ke-34 diiringi sportifitas para bakal calon yang mau maju bersaing sebagai caketum PBNU.

"Saya cuma mau acara muktamar ini sukses dan baik semua. Saya tidak mau masuk dalam kontelasi siapa dukung siapa, saya kan tidak punya suara," tuturnya. 

Bantahan Kemenag

Sementara, Kemenag membantah isu pihaknya melakukan sabotase dengan cara menyewa kamar di sejumlah hotel saat Muktamar ke-34 NU di Lampung pada Desember mendatang.

Plt Kabiro Humas Data dan Informasi Kemenag, Thobib Al-Asyar menegaskan pihaknya tak pernah melakukan hal tersebut. Dia menjelaskan, pihaknya juga sudah mengecek dan berkoordinasi dengan Kemenag Kanwil Lampung.

"Hasil koordinasi kami dengan Kanwil Lampung, bahwa itu tidak benar sama sekali," kata Thobib saat dikonfirmasi, Selasa, 9 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya