Bio Farma Sudah Tampung 306 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Vaksin di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma mencatat sudah ada 306 juta dosis vaksin COVID-19, untuk mempercepat kekebalan komunal di tengah pandemi COVID-19.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Terhitung per 9 November 2021, Indonesia sudah mengamankan sebanyak 306 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun finish produk. Vaksin-vaksin ini, didapatkan dari bilateral antara Bio Farma dengan mitra penyedia vaksin. 

Di antaranya pemerintah negara sahabat (hibah) seperti dari Australia, Jepang, Amerika, maupun secara multilateral melalui Covax Facility. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Dari Informasi yang kami terima dari Kementerian Kesehatan RI, per tanggal 4 November 2021 total vaksin COVID-19 yang sudah terdistribusi, ada 252 juta dosis," ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Rabu, 10 November 2021.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Menurutnya, ada beberapa vaksin memang yang langsung didistribusikan dari pengembang vaksin dengan pemerintah, seperti Pfizer yang suply agreement-nya langsung antara Pfizer global dengan  Kementerian Kesehatan RI. "Yang didistribusikan ke provinsi di Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui, Bio Farma mendapat penugasan untuk penyediaan vaksin COVID-19 untuk 208 juta masyarakat Indonesia. Jumlah ini akan bertambah seiring dengan telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat (EUA) penggunaan vaksin COVID-19 dari Badan POM untuk anak-anak usia 6 - 11 tahun pada awal November 2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya