Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina Cilacap Berhasil Dipadamkan

Tangki Pertamina Cilacap.
Sumber :
  • Pertamina.

VIVA - PT Pertamina (Persero) menyampaikan bahwa tangki yang terbakar di area Kilang Minyak Cilacap, Jawa Tengah, saat ini sudah berhasil dipadamkan total pada, Minggu, 14 November 2021. PT Pertamina menyatakan hal itu dilakukan melalui penanganan secara intensif dan defensif.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Tangki Pertamina Cilacap.

Photo :
  • Pertamina.

Demikian dikatakan Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional RU Cilacap, Ifki Sukarya, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 14 November 2021.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

"Saat ini kebakaran tangki telah dipadamkan secara total tepatnya jam 07.45 WIB tadi pagi dan kita telah menyatakan declaire aman pada jam 09.45 WIB," kata Ifki Sukarya.

Ifki lebih jauh menerangkan strategi internal Pertamina dalam penanganan kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam kemarin.

Luhut Binsar Pandjaitan Bocorkan BBM Pengganti Pertalite

Baca juga: Tanki di Kilang Pertamina Cilacap Kebakaran, Isinya Pertalite

Mulai dari melakukan penyekatan, pendinginan tangki di sekelilingnya, hingga memindahkan isi pertalite yang terbakar ke tangki lainnya.

"Terkait penanganan yang kami lakukan ada beberapa strategi pemadaman, pertama penyekatan terhadap tangki yang terbakar dan tangki yang di sekelilingnya," kata Ifki.

Tangki Pertamina Cilacap.

Photo :
  • Pertamina.

Pihaknya kemudian melakukan pengendalian fluida di tangki terbakar dengan memindahkan pertalite ke tangki lain. Selanjutnya, melakukan pendinginan di sekitar tangki yang terbakar.

"Kami juga melakukan offensive fire fighting sehingga api bisa dipadamkan secara total," katanya.

Sebagai informasi, kebakaran melanda Tangki 36 T-102 Kilang Minyak Cilacap pada Sabtu, 13 November 2021. General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno mengatakan tangki yang terbakar berisi 31 ribu kiloliter komponen produk pertalite.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya