Mabes Polri: Polwan Dapat Porsi Sama dengan Polisi Laki-laki

(Ilustrasi) Para Polwan di Lingkungan Polri
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kepala Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo mengatakan Polri telah memberikan peluang dan kesempatan yang sama terhadap Polisi Wanita (Polwan) dalam menjalankan serta mengembangkan karirnya di Korps Bhayangkara. Menurut dia, ada beberapa polisi wanita yang sudah menduduki jabatan strategis di satuan kerja atau wilayah.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

“Sistem binkar (pembinaan karir) untuk Polwan juga sudah mendapat porsi yang sama dengan Polki (polisi laki-laki). Ada yang menjabat Kapolsek, Kasat, Kabag, Kapolres dan Wakapolda,” kata Dedi saat dihubungi wartawan pada Senin, 15 November 2021.

Karena, kata dia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memang memiliki kebijakan untuk memberikan ruang kesempatan kepada polisi wanita dalam hal ini kesetaraan gender. Makanya, sebagian polisi wanita akan diberikan jabatan tinggi di institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

"Akan terbuka peluang bagi polwan untuk dapat menduduki jabatan yang tinggi," ujarnya.

Disamping itu, ia mengatakan Polri juga akan terus membenahi sistem perekrutan supaya peluang bagi wanita menjadi anggota Polri lebih besar nantinya. “Polri sudah memiliki roadmap tahun rekrutmen. Anggota Polri khusus Polwan semakin meningkat," jelas dia.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyoroti minimnya jumlah Polwan jika dibanding polisi laki-laki. Menurut dia, hanya ada 5 persen anggota Polri yang berasal dari unsur perempuan. Hal itu berbeda dengan rata-rata jumlah polisi wanita di negara lain yang lebih dari 10 persen.

Selain itu, Sri Mulyani menyoroti masih sedikitnya wanita yang menduduki posisi pimpinan di Polri. Padahal, kehadiran polisi wanita diperlukan untuk menciptakan ekosistem yang aman dan menjamin perlindungan bagi wanita. Dalam kasus kekerasan terhadap wanita, kata dia, polwan dapat membuat korban lebih aman dan percaya terhadap penegakan hukum.

Sementara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan memperjuangkan kesetaraan gender dan karir Polwan di Polri. "Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Kesetaraan gender harus kita perjuangkan terus sepearti harapan kita semua," kata Listyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya