Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu 2022-2027 Diramaikan Wajah Lama

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro
Ketua KPU RI Juri Ardiantoro
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – KPU dan Bawaslu menggelar seleksi penerimaan calon anggota untuk periode 2022-2027. Pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu ini telah dilakukan sejak Oktober hingga November 2021.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 Juri Ardiantoro mengungkapkan, masyarakat yang mendaftar memiliki latar belakang beragam. Bahkan petahana yang saat ini duduk sebagai komisioner di KPU dan Bawaslu pusat juga ikut meramaikan seleksi tersebut.

"Background atau latar belakang dari para bakal calon yang lulus administrasi, beragam. Ada yang penyelenggara pemilu, baik yang sekarang menjabat baik pusat maupun provinsi, kabupaten/kota, maupun mantan-mantan penyelenggara pemilu," kata Juri di Jakarta pada Rabu 17 November 2021.

Selain dari para petahana komisioner lanjut Juri, para pendaftar juga tercatat berasal dari kalangan profesional hingga akademisi. 

"Ada juga dari kalangan akademisi, kalangan pegiat pemilu, profesional. Jadi beragam, kita punya banyak pilihan," lanjutnya.

Adapun para petahana dari komisioner KPU periode sekarang yang juga ikut seleksi sebagai calon anggota KPU RI periode 2022-2027, di antaranya Ilham Saputra, Viryan Azis, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Hasyim Asy'ari. 

Selain petahana dari komisioner KPU ternyata ada juga anggota Bawaslu RI periode sekarang yang ikut seleksi calon anggota KPU. Mereka adalah Abhan dan Mochammad Afifuddin