Bareskrim Tangani Soal Klaim Hacker Retas Database Polri

Ilustrasi Gedung Mabes Polri
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia angkat bicara perihal seorang hacker asal Brasil yang menyebut dirinya "son1x" dan mengaku telah meretas database Polri.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri turun tangan menindaklanjuti kabar ini. Hal itu dikatakan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

"Ya, sedang ditangani oleh Dittipidsiber Bareskrim," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis, 18 November 2021. 

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Dedi mengatakan, apabila ada perkembangan akan segera dibeberkan ke awak media. "Nanti kalau sudah ada update-nya diinfokan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang hacker asal Brasil yang menyebut dirinya "son1x" mengaku telah meretas database Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Dia mengklaim data yang dibobolnya berisi informasi pribadi dan rahasia anggota Polri serta orang-orang yang terlibat dengannya. 

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Ilustrasi hacker.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin

Bahkan juga terdapat email dan nomor HP mereka. "Kebocoran ini berisi informasi pribadi dan kredensial pekerja Polri dan orang-orang yang terlibat dengannya," tulis son1x di file "polrileak" yang dia bagikan melalui akun Twitter-nya @son1x666.

Dia bahkan mendorong orang-orang untuk menggunakan data rahasia itu untuk melakukan apapun yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya